Pasar Pembiayaan Perumahan Masih Didominasi BTN

0
Foto: Reza

KonsPro (24/9), JAKARTA – BANK BTN tidak pernah berhenti berinovasi untuk urusan rumah. Bank dengan fokus bisnis pada pembiayaan perumahan ini kembali menggelar pameran perumahan. Sukses dengan pameran rumah yang digelar tahun 2011 lalu memberikan inspirasi Bank BTN untuk menyelenggarakan kembali pameran rumah tersebut pada tahun 2012.

Inilah moment yang tepat untuk menjual produk rumah kepada masyarakat, sekaligus membelinya baik secara tunai maupun KPR.  Demikian Iqbal Latanro, Direktur Utama Bank BTN menjelaskan usai membuka BTN Property Expo 2012 di JCC, Hall B Jakarta, akhir pekan lalu.

Iqbal menambahkan, BTN Property Expo 2012 ini merupakan kelanjutan dari event yang sama yang telah dilakukan Bank BTN pada tahun 2011. Respon masyarakat dan para pelakuindustri perumahan terhadap event tersebut sangat besar.

“Pameran yang kami selenggarakan tahun lalu sesuai laporan pihak penyelenggara merupakan pameran dengan jumlah pengunjung terbanyak sepanjang penyelenggaraan pameran perumahan digelar. Termasuk juga transaksi terbesar dengan nilai transaksi mencapai Rp. 1,9 Triliun dalam 9 hari pameran,” tutur Iqbal.

Potensi ini, kata Iqbal, perlu didorong oleh para pelaku pembangunan perumahan agar pasar rumah selalu siap untuk dibeli oleh masyarakat yang membutuhkan. Perbankan sudah pasti akan merespon jika pasarnya siap untuk difasilitasi pembiayaannya melalui skim kredit. Kami akan siap dan bahkan mendorong kepada para pengembang unuk terus membangun rumah rakyat.

Bank BTN merupakan sponsor tunggal dalam pameran yang menyajikan banyak proyek perumahan dari para Pengembang besar yang telah bekerja sama dengan Bank BTN. Prodik yang dipamerkan meliputi rumah/apartemen premium, ruko, rumah/apartemen menengah, serta rumah tapak dan rumah susun.

Dalam pameran ini Bank BTN juga memberikan kebijakan Khusus untuk transaksi yang dilakukan selama masa pameran berlangsung dari 22 s/d 30 September 2012. Kebijakan khusus yang dapat dimanfaatkan antara lain: Suku bunga kredit  1 digit fixed  rate selama jangka waktu tertentu  dan jumlah kredit tertentu, uang muka ringan, diskon biaya asuransi kebakaran 50%, dikon Biaya asuransi Jiwa 30%, diskon biaya provisi 50%, dan bebas biaya administrasi.

Bank BTN hingga saat ini tetap konsisten mendukung program pembiayaan perumahan rakyat yang ditetapkan oleh Pemerintah. Hal ini sejalan dengan visi Bank BTN untuk menjadi bank yang terkemuka dalam pembiayaan perumahan.

Konsistensi Bank BTN dapat dilihat dari dukungan yang telah diberikan selama ini terhadap pencapaian pembangunan perumahan nasional, dimana dominasi dukungn pembiayaanya di atas 95% merupakan share Bank BTN. Termasuk dalam hal dukungan pembiayaan melalui pola FLPP (fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan) tahun 2012 yang ditingkatkan targetnya dari sebelumnya 16.000 unit menjadi  50.000 unit sampai dengan akhir tahun ini.

Sejak ditunjuk oleh Pemerintah sebagai lembaga yang menyalurkan KPR bagi masyarakat golongan menengah ke bawah  pada tahun 1974, Bank BTN hingga saat ini tetap konsisten dalam penyaluran kredit untuk pembiayaan perumahan, terutama KPR.

Bank BTN menjadi pemimpin pasar pembiayaan perumahan di Indonesia dengan penguasaan pangsa pasar total KPR sebesar 24% per Maret 2012. Sedangkan untuk segmen KPR subsidi, peran Bank BTN sangat dominan dengan menguasai pangsa pasar 99% dari total penyaluran FLPP tahun 2011 dan 2012. Secara kumulatif, Bank BTN telah memberikan KPR kepada lebih   dari 3 juta orang di seluruh Indonesia.