Bunga KPR Stabil, Bidik Rumah Menengah

0

KonsPro (20/4) SURABAYA – PEMINTAAN  terhadap rumah segmen menengah dalam setahun terakhir terus meningkat. Hal itu dipengaruhi stabilnya suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) dan banyaknya pembeli yang juga penghuni (end user).

GM CitraLand Surabaya Andy Soegihardjo mengatakan, sejak tiga tahun terakhir segmen pasar rumah menengah memang cenderung naik. Hal itu mendasarinya untuk membuka porsi yang lebih besar bagi segmen itu, dengan harga di bawah Rp 1 miliar.

“Ada tiga klaster yang menawarkan rumah di segmen ini. Sejak tiga tahun lalu, kami sudah menyediakan rumah mulai Rp 500 jutaan per unit,” kata Andy, di Surabaya, Minggu (17/4).

Tingginya potensi pasar di segmen itu karena permintaan rumah untuk pasangan muda dan eksekutif muda meningkat, selain suku bunga KPR stabil.

“Dari total penjualan di CitraLand, kontribusi rumah di bawah Rp 1 miliar sudah 30 persen. Di segmen ini penjualan melalui KPR sekitar 75 persen,” ungkap Andy.

Meski harga relatif lebih murah, namun lokasi, kualitas bangunan, serta fasilitas yang diberikan tak beda dengan rumah mewah yang banyak dikembangkannya.

“Suku bunga KPR 6,5 persen fix setahun dan uang muka 5 persen,” pungkasnya. (surya.co.id)