Cermat Menata Apartemen

KonsPro (29/9) - Saat ini tinggal di apartemen merupakan sebuah kebutuhan. Karena kebanyakan apartemen berada di tengah kota. Dekat dengan tempat bisnis dan juga berbagai fasilitas primer lainnya. Bahkan belakangan apartemen menyatu dengan ruang perkantoran, pusat belanja dan lainnya. Sehingga hidup pun lebih mudah dan nyaman. Tapi jangan lupa untuk mendesain ruang apartemen sesuai kebutuhan dan gaya hidup. Ini agar Anda dan keluarga tetap nyaman tinggal di dalamnya. Karena seperti diketahui luas apartemen berbeda dengan di rumah biasa (landed house). Nah dengan luas yang terbatas ini, dibutuhkan keterampilan khusus untuk menata apartemen kecil menjadi indah dan enak di pandang mata.

Pertama, buatlah konsep desain yang sesuai dengan selera dan gaya hidup Anda. Dan jika telah memiliki pemikiran atau gambaran akan dibuat seperti apa, hitunglah luas apartemen Anda dan jumlah ruang yang tersedia.

Kemudian atur sedemikian rupa agar masing-masing ruang sesuai dengan keinginan Anda, sekaligus menjadi ruangan multifungsi. Yang harus diperhatikan pada apartemen adalah Anda harus pintar-pintar menata apartemen agar memberikan kesan yang lebih luas dan lapang. Berikut sedikit saran dan tips agar apartemen mungil Anda menjadi nyaman dan penuh kehangatan.

Furnitur. Adalah elemen penting dalam sebuah ruang. Tapi harus cerdas memanfaatkannya, pilih furnitur yang sesuai dengan luas dan ukuran unit apartemen. Sesuaikan dengan kebutuhan, tentunya yang berdurasi jangka panjang dan juga fungsinya. Sebaiknya gunakan furnitur yang memiliki banyak fungsi.

Selain menghemat tempat, furnitur multifungsi akan memberikan manfaat yang tidak berlebihan. Seperti, memilih meja dengan laci-laci di bagian bawah atau sofa yang bisa dijadikan sebagai tempat tidur. Trik lain yang menarik untuk dicoba ialah pemasangan floating furniture. Penempatan furnitur ini tidak menyentuh lantai dan akan menyisakan area potensial yang dapat dimanfaatkan untuk fungsi lain.

Warna Ruangan. Merupakan bagian penting dari sebuah ruang. Dengan luas ruangan yang terbatas, maka penentuan warna cat dindingnya pun jangan sampai salah pilih. Jika tidak, malah akan memberikan kesan kurang nyaman untuk dipandang mata. Bahkan membuat ruang jadi terlihat sempit, maka pilihlah warna-warna terang atau netral yang dapat diaplikasikan di setiap sudut ruangan termasuk perabotan rumah tangga.

Hindari warna-warna gelap karena akan membuat ruangan terasa sempit. Jika menginginkan nuansa ruangan yang berbeda, bisa diaplikasikan pada kamar tidur pribadi atau anak. Bahkan bisa juga menggunakan wallpaper yang akan menambah suasana unit apartemen Anda menjadi lebih menarik.

Lantai. Biasanya Anda tak puas dengan apa yang sudah ada dalam apartemen yang baru ditempati.  Nah,  Jika memang mau mengubahnya, maka pilihlah warna yang sesuai dengan interior apartemen dan pastikan Anda mendapatkan ubin yang berkualitas baik, tahan gores, dan anti rayap. Dengan kepiawaian dan kreativitas Anda, yakinlah bahwa apartemen berukuran mungil dengan tipe studio pasti bisa disulap menjadi hunian yang nyaman dan berkesan lapang.

Pencahayaan. Bagi sebagian orang ini tak penting tetapi ini memberikan manfaat yang banyak tak hanya ruang menjadi terang tetapi juga sehat. Untuk itu berikan pencahayaan yang terang tepat pada ruang apartemen Anda. Selain warna dinding, pencahayaan yang terang juga akan membawa suasana luas dan bebas. Tapi jangan terlalu banyak menggunakan lampu. Selain itu untuk menciptakan kesan luas, Anda juga dapat menyiasati dengan penempatan atau pemasangan cermin berukuran besar pada sudut ruang tertentu. (MH)