Hemat Energy Yuk!

KonsPro (16/9) - TINGGAL di apartemen bagi sebagian orang bukanlah gaya hidup tetapi sudah menjadi kebutuhan. Berbagai fasilitas kemudahan penghuni dalam memenuhi kebutuhannya. Mulai dari fasilitas primer hingga fasilitas penunjang lainnya. Bahkan untuk kebutuhan lain seperti listrik dan air bagi pemilik apartemen tidak ada masalah. Dan tentunya semua ini dalam hal perawatan langsung ditangani oleh pihak pengelola apartemen.


Hidup akan lebih nyaman dengan adanya berbagai pelayanan dan fasilitas tersebut. Tetapi kita juga harus bijaksana menjaga apa yang sudah kita dinikmati. Sebab semua yang kita didapatkan tentunya tak gratis. Semua itu ada biaya yang harus dibayar, karena semua itu menggunakan energi listrik yang saat ini menjadi masalah global. Untuk itu mulai saat ini, segeralah berhemat listrik dalam penggunaannya.

Berikut beberapa tips hemat listrik:

1. Matikan lampu yang tak penting
Gunakanlah lampu hemat energi. Lampu jenis fluorescent adalah yang terbaik. Lampu ini hanya membutuhkan 1/5 energi yang biasa digunakan oleh lampu pijar. Tetapi memiliki cahaya lampu yang terang dan tahan lama. Biasakanlah matikan lampu jika tak dipergunakan. Manfaatkan penerangan alami saat siang hari dan jangan lupa bersihkan armatur lampu agar cahayanya maksimal.

2. Cerdas menggunakan AC
Pilih produk yang ramah lingkungan yang hemat energi. Saat ini AC dengan watt kecil sudah banyak dipasaran dengan dingin yang maksimal. Nyalakan AC seperlunya dan cermat mengatur suhunya. Para ahli menyarankan, setting temperatur AC minimal 25 derajat celcius. Jangan lupa tutup pintu dan jendela, agar dingin AC maksimal. Selain itu pasang AC secara otomatis sesuai kebutuhan pemakaian. Juga jangan lupa merawatnya secara berkala.

3. Cermat menggunakan lemari es/kulkas
Hindari makanan dan minuman yang masih panas masuk dalam kulkas. Tutup rapat pintu kulkas agar kompresor tidak bekerja dengan keras. Jangan mengisi kulkas terlalu penuh karena dapat mengurangi sirkulasi udara dalam kulkas. Bersihkan kondesor di bagian belakang agar pelepasan panas sempurna. Bersihkan kulkas dan bunga es secara berkala. Dan memperhatikan letak kulkas. Bagusnya 15 cm dari dinding dan jauhkan dari jendela dan pintu. Jika ingin berpergian jauh dan dalam waktu lama sebaiknya kosongkan kulkas dan matikan aliran listriknya. Karena jika kulkas tak dibuka dalam waktu lama akan menimbulkan bau dan pastikan listriknya juga mati.

4. Hemat menggunakan air
Biasakan untuk menghemat air dalam melakukan aktifitas kita dengan bijaksana. Pakailah kran yang berkualitas dan kontrol saluran kran air, apakah ada kebocoran atau tidak? Untuk kloset haruslah diperhatikan pada bagian pelampung. Bagian ini sering mengalami kebocoran yang terkadang tidak dirasakan. Perhatikan dinding klosetnya, apakah ada rembasan air, untuk itu kontrol setiap minggu. Dan juga saat hendak berpergian dalam waktu yang lama. Perhatikan kran jangan sampai bocor atau menetes. (Penulis: Oleh: Dwi Janu, Safety Officer Mediterania Garden Residences 1)