Uang Muka Pembelian Rumah Kini Turun Menjadi Hanya 15 Persen

KonsPro (01/09/2016), JAKARTA - BANK Indonesia (BI) melakukan penyempurnaan ketentuan rasio Loan to Value (LTV) untuk pembiayaan properti dan rasio Financing to Value (FTV) untuk pembiayaan properti. Yakni berupa pelonggaran atas dua aturan tersebut.

Dengan pelonggaran ini, diharapkan pertumbuhan kredit properti dapat terwujud.  Sebab, uang muka (down payment/DP) untuk perumahan juga turun.

Ditulis oleh Administrator
Dilihat: 1426

Dana Pemerintah Cukup Untuk Bangun Rumah MBR

KonsPro (20/08/2016), JAKARTA - Pemerintah memastikan ketersediaan dana untuk mendukung pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 600.000 hingga 700.000 unit per tahun. Hanya saja, ketersediaan dana tidak selalu diimbangi kemampuan pengembang untuk memacu pembangunan rumah untuk MBR.

Hal tersebut disampaikan Dirjen Pembiyaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Maurin Sitorus pada acara temu media, Jumat (19/8/2016).

Ditulis oleh Administrator
Dilihat: 927

Permudah KPR, Tingkat Kredit Macet Bank Jadi Pertimbangan LTV

KonsPro (14/08/2016), BATAM - BANK Indonesia (BI) telah melakukan kelonggaran kebijakan makroprudensial, yaitu melalui kemudahan kredit rumah (Loan to Value), baik uang muka hingga kepemilikan rumah inden.

Menurut Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara, Peraturan Bank Indonesia (PBI) terkait LTV (Loan to Value) akan terbit pada bulan ini. Hanya saja, tidak semua bank yang dapat memberikan produk sesuai kemudahan yang ditawarkan oleh BI. BI pun akan melihat Non-Performing Loan (NPL) atau angka kredit bermasalah pada pada setiap perbankan.

Ditulis oleh Administrator
Dilihat: 799