JORR II Gusur Dua Perumahan

KonsPro (14/03) TANGERANG - DUA perumahan di wilayah Kota Tangerang terancam bakal digusur menyusul adanya pembangunan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II. Pembangunan jalan tol sepanjang 14,7 kilometer yang membentang di wilayah Kota Tangerang ini, akan dimulai 2012 mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemerintah Kota Tangerang, Dadang Durrahman menuturkan tol dari daerah Kunciran Kota Tangerang ke Bandara Soekarno Hatta ini mengakibatkan akan menggusur sebagian wilayah di dua perumahan. Yakni, Perumahan Duta Bintaro dan Kunciran Mas Permai. Pembangunan JORR II sepenuhnya akan dilaksanakan dan dibiayai oleh Kementrian Pekerjaan Umum. ’’Dua perumahan akan terkena dampak penggusuran,’’ujar Dadang.

Dadang mengatakan, sebenarnya tidak hanya dua perumahan tersebut yang akan dilalui tol JORR II. Berdasarkan rencana pembangunan, JORR II akan tersambung mulai dari fly over Alam Sutera melewati wilayah Kunciran hingga ke Bandara Soekarno Hatta. Dengan begitu, akan juga melintas di perumahan Banjar Wijaya, perumahan Moderland dan perumahan Taman Royal.

Namun, karena tiga perumahan tersebut telah memiliki frase atau lahan yang telah disediakan, maka tidak lagi dibutuhkan penggusuran. ’’Berbicara anggaran, semua ditanggung Kementrian PU. Mulai dari pembebasan lahan hingga pembangunan. Pemkot Tangerang sebatas memberikan sosialisasi kepada warga yang terkena imbas pembangunan,’’ tambah Dadang.

Dia melanjutkan, untuk pintu masuk ke JORR II, akan dibuka akses keluar dan masuk di wilayah Jalan Hasyim Asyari dan Benteng Betawi, Kota Tangerang. Terkait kondisi dan perbaikan jalan di Kota Tangerang, Dadang menuturkan Pemkot telah menyiapkan dana sebesar Rp 7 miliar. Dana tersebut disiapkan untuk memperbaiki jalan rusak yang besarannya sekitar 4 persen dari total panjang jalan milik pemerintah kota sepanjang 130 kilometer. ’

’Kalau soal jalan di Kota Tangerang hanya sekitar 3-4 persen yang rusak dari 130 kilometer yang ada. Dananya juga sudah disiapkan untuk perbaikan,’’ ucap Dadang. (IndoPos)