Posisi Pintu Sumber Konflik

KonsPro (7/4) - FENGSHUI  bukan hanya milik rumah berukuran besar. Memang, kadang-kadang dibutuhkan lahan tertentu agar rumah sehat dan mendukung aktivitas penghuninya. Lebih dari itu, rumah sebagai tempat singgah harus membuat tenteram. Rumah tipe sederhana juga dapat disesuaikan fengshui, kok.

Ibu Wiwik dari Batam, orang tua tunggal dengan satu anak, sudah menabung dan mengumpulkan uang selama enam tahun untuk membeli rumah. Akhirnya ia berhasil dan memiliki rumah idamannya, meski masih harus mengangsur sebagian. Akan tetapi, betapa kagetnya Ibu Wiwik, setelah membaca beberapa buku fengshui, barulah mengetahui bahwa rumah sederhana yang dibelinya itu ternyata tidak sesuai dengan prinsip fengshui. Karena ingin memiliki hidup yang lebih baik di masa depan, maka ia berniat mengubah rumah itu agar bisa tetap baik fengshuinya.

Banyak orang ragu-ragu menata kembali rumah sederhananya karena dianggap rumah sederhana tidak bisa diapa-apakan lagi karena luas lahannya terbatas. Padahal, dalam fengshui, rumah sederhana tetap bisa diubah dan disiasati agar selaras dengan fengshui. Ada banyak cara yang dilakukan agar rumah menjadi sumber semangat bagi semua penghuninya.

Rumah sederhana biasanya didesain mampat oleh ruangan. Kadang-kadang desain itu membuat penghuninya tidak nyaman, seperti letak kamar mandi yang bersatu dengan ruang tamu dan ruang keluarga. Atau, posisi dapur yang justru ada di arah yang paling baik. Desain memanfaatkan seluruh luas lahan juga sering membuat rumah pengap karena tidak ada bukaan di dalam rumah yang membuat sirkulasi udara segar tidak berjalan sempurna. Sinar matahari yang dibutuhkan untuk setiap ruangan juga menjadi terbatas dan membuat penghuninya harus menyalakan lampu siang dan malam.

Pantangan-pantangan seperti pintu utama tidak boleh sejajar dengan pintu belakang rumah, closet WC sebaiknya tidak menghadap depan rumah, pintu kamar tidur jangan saling berhadapan langsung, peletakan kompor untuk arah memasak jangan mengarah ke depan rumah, atau pintu kamar tidur jangan langsung menghadap ke ruang tamu. Ada benarnya alasan itu, tetapi jika sudah menyangkut lahan, kadang-kadang hal-hal seperti itu tidak bisa dihindari. Itu sebabnya, dengan pendekatan fengshui, akan diketahui apa yang seharusnya dilakukan.

Rumah sederhana milik Ibu Wiwik dibangun oleh developer pada sebidang kapling ukuran 7 x 18 meter. Dengan luas 126 meter persegi, rumah itu cukup nyaman ditempati keluarga kecil. Tanah menghadap ke barat daya, yang berarti bangunan bersandar ke timur laut. Dengan kelahiran tahun 1971, maka Ibu Wiwik mempunyai angka kua = {5 + (7+1)} = 5 + 8 = 13 = 1+ 3 = 4. Angka kua = 4 menandakan pemilik rumah ini tergolong kelompok Kua Timur. Arah kompas yang baik untuk kelompok Kua Timur adalah utara, selatan, timur, dan tenggara. Dengan membuat superposisi lingkaran kompas pada denah, terlihat seperti dalam denah (cara menghitung angka kua dimuat di Surya, 20 Maret 2011).

Memindahkan Pintu Utama

Pintu masuk rumah menghadap wu gui, arah buruk yang menyebabkan gangguan pada pikiran dan ingin selalu konflik atau berselisih dengan orang lain. Masalah kedua yang kurang bagus adalah dapur yang terletak di utara yaitu arah terbaik (sheng chi) bagi penghuni. Menurut fengshui, arah terbaik ini bermanfaat untuk meningkatkan kemakmuran penghuni rumah. Maka jelaslah harus dilakukan perubahan rumah. Bagaimana caranya dan apa saja yang harus diperbaiki agar fengshui rumah benar?

Pertama, arah hadap rumah sebisa-bisanya menghadap ke arah baik, dalam hal ini hanya bisa dihadapkan ke timur sesuai hasil penghitungan kua pemilik rumah (lihat gambar). Selain arah hadapnya sudah benar, posisi pintu ini sekarang berada di sektor selatan, yaitu arah baik kedua yang disebut tian yi, yang bermanfaat untuk kesehatan.

Langkah kedua yaitu dengan memindahkan dapur ke belakang, yaitu ke sektor timur laut. Sektor timur laut bagi penghuni rumah itu menjadi arah terburuk (jue ming), sehingga pengaruh apes (negatif) di sektor itu bisa dibakar. Bukankah dapur selalu ada aktivitas memasak yang berarti menyalakan api, membakar.

Kamar tidur yang baik untuk Ibu Wiwik ada di sektor selatan. Oleh karena itu kamar tidur di selatan untuk Ibu Wiwik, sedangkan kamar tidur di sektor timur laut untuk anaknya. Penempatan kamar tidur ini akan mendukung kesehatan.

Perhatikan juga pintu besar yang menghadap ke belakang. Pintu besar itu akan lebih sering dibuka daripada pintu depan, sehingga praktis fengshui rumah ini mendapatkan chi dari belakang. Pintu ini meskipun menghadap ke timur laut, tetapi berada di sektor utara, yaitu kompas terbaik bagi Ibu Wiwik.

Dengan teknik sederhana ini, rumah yang tadinya dikhawatirkan buruk untuk penghuni sudah bisa diatasi dengan cara sederhana. Sekarang Ibu Wiwik tidak perlu cemas lagi, solusi fengshui rumahnya sudah diperoleh.

Pemilik rumah sederhana tidak perlu ragu-ragu merombak rumah agar sesuai fengshui. Rumah mungil pun nyaman dan tenteram. Dengan hasil penghitungan kua, akan didapat arah pintu terbaik dan posisi terbaik untuk tiap-tiap ruangan utama. Dengan demikian setiap ruangan memiliki arah baik. (Surya Online)

Add comment


Security code
Refresh

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Advertorial

Topik :
Real Estate
Promosikan Iklan anda dengang text Ads di konsumenproperti.com.

Perumahan Indah
Perumahan Indah dengan taman yang mempesona

Ads by KonsumenProperti

Home | Liputan Khusus | Konsultasi | Komplain | Residensial | Komersial | Bisnis terkait | Infrastruktur
Pembiayaan | Figur | Sengketa | Kolom | Tips | Redaksi | Regulasi | Editorial | Iklan Kolom| Umum | Advertorial