Desain Interior Apartemen Cantik dan Berkelas

KonsPro (4/10/2015) - KETIKA kita lebih memilih hunian apartemen dengan alasan lebih praktis dan efisien, di satu sisi kita tidak menyadari bahwa sebenarnya desain interior apartemen tidak jauh beda dengan desain interior rumah minimalis. Kemiripan dari keduanya adalah sama-sama terbatas dalam hal luas ruangan.

Solusi untuk mengatasi masalah yang sama tersebut umumnya dengan cara yang sama pula, yaitu dengan menggabungkan fungsi dua ruang sekaligus menjadi satu, yang kemudian disebut ruang multifungsi. Efek positif yang dihasilkan juga sama, diantaranya ruangan terlihat lebih luas, tampilan lebih cantik dan apik, serta tatanan ruang lebih teratur dan terlihat berkelas.

Merancang hunian yang tergolong kecil seperti halnya apartemen ini memang memerlukan ketelitian, sekaligus kecermatan dalam hal menghitung setiap kebutuhan ruang. Dengan sendirinya layout ruangan perlu melalui perencanaan yang matang tanpa ada sisa ruang sedikitpun, yang justru suatu saat bisa menjadi ruangan yang mubazir. Dan sebaliknya kita perlu merancang desain ruang apartemen yang lebih praktis serta multifungsi, tentu saja dengan menyesuaikan pada gaya interiornya.

Tidak Terpaku pada Gaya Minimalis

Meskipun apartemen memiliki kemiripan dengan rumah minimalis dalam hal luas ruangan, namun untuk memaksimalkan fungsi ruang, kita tidak harus terpaku pada gaya minimalis. Agar ruangan apartemen lebih fungsional kita bisa mendesain ruangan menurut selera atau kesepakatan semua penghuninya tanpa harus dibayangi solusi ruang pada rumah minimalis. Salah satu contoh tatanan yang pas untuk desain interior apartemen adalah dengan mengusung tatanan klasik dalam ruang apartemen. Desain ini cenderung fleksibel jika diterapkan dengan komposisi yang seimbang.

Jika kita fokus untuk mendesain interior ruang apartemen supaya terke-san lebih luas dengan tampilan interior yang menawan, ada beberapa tahapan yang harus kita lewati. Pertama, dengan membuat pintu penghubung dari satu ruang ke ruang lainnya.

Kita juga bisa membuat fungsi satu ruangan santai untuk keluarga dengan cara membongkar satu ruangan utama. Agar ruangan dapat berfungsi lebih maksimal, kita bisa meletakkan furnitur built-in dibagian tertentu atau di sudut ruangan, tentu saja terlebih dahulu harus disesuaikan dengan luas ruangan. Untuk hal-hal  kecil yang sifatnya sederhana, kita bisa lakukan renovasi misalnya dengan menambahkan kain dekoratif.

Pada bagian lain misalnya pintu, umumnya bagian pintu utama dari apartemen lebih dekat dengan area tempat duduk. Jika kita membuka pintu, maka akan tertuju di area tempat duduk ini. Untuk menyamarkan fungsi ruang yang cukup sempit, kita bisa menempatkan cermin ukuran besar di bagian depan untuk menerima tamu.

Sementara untuk sofa kita bisa memilih desain sofa multifungsi, yang bisa dilipat atau diangkat menempel tembok, artinya dapat sekaligus menjadi tempat tidur yang nyaman. Kehadiran sofa multifungsi ini lebih efektif apalagi jika ruangan apartemen hanya terdapat 1 kamar tidur. Dengan sendirinya sofa multifungsi ini dapat dijadikan solusi jika ada teman atau kerabat yang kebetulan menginap.

Khusus untuk area dapur, kita bisa menggunakan desain kitchen set dengan model linier. Desainnya kita buat sesimpel mungkin, lengkap dengan area untuk meletakkan lemari pendingin dan microwave agar terlihat lebih kompak dan tertata.

Selain kayu sebaiknya kita gunakan material kaca untuk elemen kitchen set, pantulan cahaya dari kaca tentu saja memberi efek terang sehingga ruang dapur terlihat lebih luas. Umumnya dapur terletak tepat berseberangan dengan ruang khusus untuk kerja.

Sentuhan dekorasi memiliki peran penting untuk desain interior apartemen. Ide cemerlang jika kita mengaplikasikan parket untuk melapisi bagian lantai dan area dinding agar suasana apartemen lebih cantik, menawan, dan tentunya berkelas. (Sumber: tiperumahminimalis.info)

Add comment


Security code
Refresh

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Advertorial

Topik :
Real Estate
Promosikan Iklan anda dengang text Ads di konsumenproperti.com.

Perumahan Indah
Perumahan Indah dengan taman yang mempesona

Ads by KonsumenProperti

Home | Liputan Khusus | Konsultasi | Komplain | Residensial | Komersial | Bisnis terkait | Infrastruktur
Pembiayaan | Figur | Sengketa | Kolom | Tips | Redaksi | Regulasi | Editorial | Iklan Kolom| Umum | Advertorial