Tips Broker Untuk Sukses Menjual Rumah

0

KonsPro (4/8) – DI  saat yang sulit ini bila kita mau jujur sulit rasanya bagi kita untuk bisa hiudp makmur dengan uang yang banyak apabila kita tidak mencari tambahan pendapatan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan salah satunya adalah menjadi seorang makelaar atau broker. Broker adalah satu profesi yang sangat sempurna bagi orang-orang yang mencari tambahan pendapatan karena profesi ini sungguh sangat flexible. Anda tidak perlu bekerja sesuai dengan waktu akan tetapi sesuai dengan target yg telah ditetapkan atau yang anda tetapkan sendiri.

Tidak ada salahnya menjadi seorang broker karena broker itu sendiri pada kenyataannya sangat diperlukan dalam banyak bisnis termasuk dalam bsnis jual beli rumah. Bila anda tertarik untuk menambah penghasilan sebagai broker untuk rumah dijual maka ada beberapa hal yang sepertinya anda harus cermati sebelum menjalankan profesi tersebut.

Hal yang pertama yang harus anda perhatikan dalam menjual rumah adalah anda harus tahu kesepakatan awal tentang kerjasama dalam menjual rumah. Tentunya dalam hal ini anda perlu untuk bertemu dengan pemilik rumah yang dijual tersebut. Anda bisa menanyakan model komisi seperti apa yang terbaik dan sesuai kebutuhan kedua belah pihak. Anda juga bisa menanyakan dan memastikan berapa jumlah besaran komisi yang layak anda terima bila anda berhasil menjual rumah tersebut.c Hal ini perlu untuk menghindari perselisihan antara si pemilik rumah dan makelar yang sering ribut tentang masalah harga dan diskon yang ditawarkan.

Hal yang kedua yang perlu diperhatikan oleh para makelar adalah produk rumah dijual. Anda menjual rumah orang lain dan artinya anda harus mengetahui dengan baik rumah yang anda jual sehingga anda bisa menjelaskan kepada calon konsumen mengenai barang atau rumah dijual tersebut. Ingatlah luas tanah dan bangunan dari rumah yang anda jual karena pertanyaan ini adalah termasuk yang pertama yang ditanyakan oleh para calon konsumen.

Yang ketiga adalah mengingat lokasi dimana rumah tersebut dijual. Setiap calon konsumen perlu tahu dimana lokasi rumah tersebut berada dan biasanya mereka juga perlu menanyakan arah termudah untuk mencapai rumah yang dijual tersebut. Disini tidak ada salahnya bila anda juga mencermati kembali lokasi rumah dijual tersebut dan bila perlu menjelaskan darimana kendaraan harus berhenti.

Yang keempat adalah anda perlu juga mencermati kelengkapan surat-surat baik itu surat ijin bangunan maupun tanah dimana bangunan rumah tersebut berada. Hal ini sangat penting untuk memastikan barang yang anda jual adalah legal menurut hukum positif. Harga rumah bisa juga tergantung dari status kepemilikan rumah ini, karena tanah dan rumah dijual dengan status Hak Guna Bangunan sudah barang tentu berbeda dengan rumah dijual dengan status Surat Hak Milik. Kita harus mengerti betul dan memiliki dokumen-dokumen pendukungnya sehingga tidak terjadi kesalahpahaman untuk kedepannya.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah mengetahui dengan pasti kualitas air di lingkungan rumah yang di jual. Air adalah sumber penghidupan bagi siapapun maka dari itu kita juga perlu dan berhak mendapatkan informasi tentang kualitas air yang dimiliki. Bagus atau tidak, sehat atau tidak selayaknya diinformasikan kepada kita sehingga kita bisa mengetahui kondisi sebenarnya dari rumah yang akan kita jual tersebut. Selain itu kita juga bisa memprediksi biaya-biaya yang mungkin diperlukan selama proses transaksi dan menginformasikannya juga kepada calon pembeli.