Tiga Menteri Resmikan Rusun Sejahtera Jamsostek

0
1
Foto: Humas Kemenpera

KonsPro (13/10) – Menpera Suharso Monoarfa, Menakertrans Muhaimin Iskandar, dan Menneg BUMN Mustafa Abubakar meresmikan susun sejahtera sewa pekerja PT. Jamsostek di Kawasan Industri Kabil dan Muka Kuning, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (8/10). Dalam acara tersebut juga hadir Gubernur Kepri HM. Sani, Dirut PT. Jamsostek, Hotbonar Sinaga dan Dirut Bank BTN Iqbal Latanro.

Dirut Jamsostek Hotbonar Sinaga mengatakan Rusun sejahtera sewa pekerja di kawasan kabil dan muka kuning ini dapat menampung 1.512 tenaga kerja peserta Jamsostek. Untuk kawasan kabil terdapat 3 menara yang dapat menampung 1200 tenaga kerja, dan rusun sejahtera muka kuning 312 tenaga kerja Adapun biaya sewa per unit rusun sejahtera sewa pekerja ini Rp 100.000 hingga Rp 130.000 per orang dengan kapasitas kamar 1 unit untuk 4 orang.

Pembangunan rusun sejahtera sewa pekerja ini merupakan bagian dari program dana peningkatan kesejahteraan peserta (DPKP). Rencananya Jamsostek akan membangun 7 menara lagi di atas tanah 10 hektar di kawasan industri kabil ini, lanjut Hotbonar.

Dalam kesempatan yang sama Menpera Suharso Monoarfa mengajak Jamsostek untuk ikut serta dalam program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) agar dapat tersedia dana pembiayaan perumahan jangka panjang yang murah, sehingga nantinya diharapkan para peserta Jamsostek tidak hanya menyewa tapi juga dapat memiliki rumah dengan daya beli yang terjangkau.

Menpera juga mengajak Pemerintah Daerah untuk memastikan ketersediaan lahan perumahan yang dekat dengan lokasi kerja atau minimal menyediakan transportasi publik yang memadai bagi para pekerja sehingga terjadi peningkatan efektifitas dan produktifitas bagi para pekerja.

Hal senada disampaikan Menakertrans Muhaimin Iskandar, pembangunan rumah susun sejahtera bagi para pekerja diharapkan dapat memberi ketenangan kerja dan meningkatkan produktifitas.

Kedepan rusun sejahtera pekerja harus dekat dengan lokasi kerja sehingga bisa memenuhi aspek kenyamanan , menurunkan resiko kerja sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan produktifitas nasional.

Sementara itu Menneg BUMN Mustafa Abubakar mengajak semua BUMN untuk bersinergi melalui program-programnya dengan seluruh elemen baik pemerintah pusat/daerah dan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat terutama dalam upaya penyediaan perumahan yang layak huni dan terjangkau. (Humas Kemenpera)