Sulitnya Berurusan Dengan KPR NISP

0

KonsPro (23/02) – SAYA  adalah ananto krisna wardhana customer Bank NISP BSD Jl. Pahlwan Seribu sejak tahun 2003, jujur saya menjadi nasabah Bank ini karena saya menggunakan fasilitas KPR melalui Bank NISP. Sejak awal saya sebagai nasabah mengalami kesulitan jika ingin mengetahui Outstanding Balance Hutang KPR saya, alasan klasik yang saya dapatkan adalah marketing tidak ada sedang keluar.

Terkadang Customer Service dapat membantu dan cukup sering juga yang mengatakan mereka tidak bisa membantu. Kekesalan saya memuncak ketika saya dan istri saya datang ke Bank NISP pada tanggal 16 Februari 2011 untuk keperluan : 1. Print mutasi buku tabungan 2. Meminta data Outstanding Balance Hutang KPR dan 3. Menanyakan kemungkinan KPR saya untuk dilakukan Top Up.

Untuk kepentingan pertama yaitu Print mutasi buku tanbungan, saya dan istri saya sudah sengaja untuk datang setelah jam istirahat (13.00 WIB ) yang mana harapan kami adalah petugas Customer Service sudah ada ditempatnya untuk melayani customer yang membutuhkannya, tetapi dengan mudahnya security mengatakan bahwa CS kami sedang istirahat sehingga kami harus menunggu untuk melakukan transaksi yang kami inginkan.

Kemudian selang beberapa menit terdapat karyawan atas nama M. Margaretha cukup membantu kami. Beliau menyarankan untuk langsung ke Teller jika ingin melakukan Print mutasi buku tabungan. Sedangkan untuk kepentingan 2 dan ke 3, kembali kami menemui jalan buntu. Saat pulang kami diberikan nomor telpon Marketing atas nama Ibu Rani dan Bp. Aulia.

Saya sempat mengatakan bahwa di Bank Lain khususnya KPR BII nasalah setiap bulannya diberikan Laporan atas Sisa Hutang KPR dan Pendebitan pembayaran Hutang KPR sehingga Customer tidak usah bersusah payah untuk mendapatkan Apa yang menjadi Haknya. Sore harinya kami berusaha menghubungi Ibu Rani dan Bapak Aulia melalui SMS hasilnya Ibu Rani sama sekali tidak membalas sedangkan Bp. Aulia membalas SMS saya dan menelpon saya pada malam harinya.

Pada saat Bp. Aulia menelpon saya mengemukakan maksud dan tujuan saya yaitu meminta data Outstanding Balance Hutang dan Teknis cara melakukan Top Up KPR. Hasilnya adalah Bp. Aulia akan menelpon saya pada hari Kamis tanggal 17 Februari 2011 karena Bp. Aulia sedang berada diluar kantor.

Keesokan harinya saya menunggu telpon dari Bp. Aulia sampai lewat Jam makan siang, teryata yang bersangkutan tidak juga menghubungi saya, kemudian saya berinisiatif untuk menghubungi beliau dan menurutnya dia sedang sibuk dan tidak sempat menghubungi saya. Marketing NISP tersebut berjanji untuk menghubungi saya dimalam hari.

Pada malam harinya saya coba ber-sms an dengan ybs tetapi sms saya tidak pernah dibalas. Bahkan saya meminta Ijin untuk diberikan Marketing lainnya yang dapat membantu saya dan itu pun juga tidak dibalal-balas. Pada tanggal 18 Februari 2011 kekesalan saya makin memuncak ketika Marketing atas nama Bp. Aulia tidak juga menghubungi saya, akhirnya saya yang mengalah untuk menghubungi beliau.

Setelah saya berhasil menghubungi dengan mudahnya beliau mengatakan bahwa saya harus menghubungi Marketing lama saya pada tahun 2003 (Bp. Steven) untuk mendapatkan Informasi yang saya butuhkan tersebut. Betapa Bodohnya jawaban yang diberikan kepada saya tersebut. Mungkin memang itu sudah menjadi standar pelayanan di NISP.

Ditempat saya bekerja, salah satu Catur Dharma yang kami miliki adalah Memberikan Pelayanan yang terbaik kepada pelanggan, bahkan hal tersebut menjadi Point nomor 2 setelah Menjadi milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. Akhirnya mungkin saya memutuskan untuk menggunakan Bank Lain karena sampai dengan hari ini saya belum mendapatkan apa yang saya inginkan.

Saya sudah mendapatkan beberapa Alternatif Bank dengan Pelayanan yang lebih baik dan Suku Bunga yang mungkin lebih dari suku bunga KPR NISP. Jika KPR saya sudah selesai mungkin saya akan menutup rekening saya di Bank ini, mungkin tidak aka nada dampaknya tetapi saya merasa sangat puas dengan menutup Rekening saya di Bank ini.

Ananto krisna wardhana, regensi melati mas e4 no.26, serpong, tangerang

kompas.com