Service Charge Bukan Hanya Untuk Listrik Saja

0
Ilustrasi

KONSPRO – ANDA  punya masalah hukum di bidang properti? Kirimkan pertanyaan Anda di email konsumenproperti.com@gmail.com. Sertakan alamat, dan indentitas yang jelas, kami akan segera menjawab pertanyaan Anda.

Pertanyaan:

KONSPRO – Setelah menempati beberapa waktu unit apartemen yang saya beli, maka ada permasalahan yang timbul dari iuran pengelolaan yang saya bayar setiap bulannya. Iuran yang saya bayar tersebut setiap bulan sama dengan yang dibayar oleh teman saya padahal posisi lantai unit saya dan lantai unit teman saya tersebut berbeda. Saya berada di lantai 5 sedangkan teman saya berada di lantai 20.

Secara logika, seharus teman saya lebih banyak menggunakan fasilitas lift karena dia tinggal di lantai 20, tentu dia lebih banyak memakai listrik, sedangkan saya hanya dari lantai 5.

Baca juga: Cara Hitung Denda Keterlambatan Developer

Saya merasa diperlakukan tidak adil oleh Badan Pengelola. Oleh karena itu saya komplain ke Badan Pengelola agar direvisi biaya Iuran Pengelolaannya, namun pihak pengelola tidak mau untuk merevisinya.

Mohon bantuan Bapak untuk menjelaskan apa-apa saja yang termasuk dalam iuran pengelolaan tersebut? Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih. Hormat saya

Slamet Bagaskoro, Jakarta Barat (DKI Jakarta)

Jawaban:

BAPAK Slamet Bagaskoro yang terhormat. Untuk menentukan berapa iuran pengelolaan yang harus dibayar oleh penghuni apartemen dilakukan bersama-sama antara Perhimpunan Penghuni dengan Badan Pengelola. Perhimpunan Penghuni itu dibentuk berdasarkan musyawarah oleh semua penghuni apartemen tersebut yaa semacam DPR-lah sedangkan Badan Pengelola (atau semacam pemerintah) ditunjuk oleh Perhimpunan Penghuni. Jika Badan Pengelola menentukan nilai service charge sendiri tetapi tidak disetujui oleh PPRS, maka secara otomatis biaya tersebut juga tidak bisa diberlakukan.

Baca juga: Listrik Dan Air Apartemen Dimatikan

Mengenai permasalahan bahwa Bapak merasa diperlakukan tidak adil dan Bapak komplain ke Badan Pengelola itu sih sah sah saja. Tetapi perlu dipahami bahwa service charge yang dipungut setiap bulan itu bukan hanya untuk keperluan listrik saja, banyak keperluan lain yang juga harus dibayar oleh Badan Pengelola seperti: air Pam untuk kebutuhan bersama, sampah, pemeliharaan taman, cleaning service, keamanan, biaya penyediaan dan pemakaian Listrik untuk Benda Bersama, Bagian Bersama dan Tanah Bersama dalam lingkungan Rumah Susun, yaitu menjaga agar Benda Bersama, Bagian Bersama dan Tanah Bersama serta fasilitasnya memper-oleh penerangan yang cukup.

Jadi pemakaian lift hanya sebagian kecil dari biaya service charge yang dikeluarkan. Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat.