Semen Tonasa Perluas Area Eksplorasi

0
4

KonsPro (1/6) MAKASSAR – PENGELOLA  pabrik Semen Tonasa memperluasan area eksplorasi dengan meratakan Gunung Bulu Paccola di Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan yang akan dikuras tanahnya untuk bahan baku semen.

Kepala Biro Hukum dan pemerintahan PT Semen Tonasa Muh Arifin di Makassar, Selasa, mengatakan tengah memroses perampungan izin untuk mengeksplorasi gunung kecil yang ada diperbatasan Kecamatan Bungoro dengan Tondon Tallasa.

Ia yakin perizinan untuk mengelola tanah negara sekitar 80 hektar ini sudah tuntas akhir tahun 2011, sehingga bisa mendukung pabrik baru Tonasa V yang juga direncanakan mulai beroperasi Januari tahun yang sama. Gunung yang memiliki ketinggian 80-100 meter diatas permukaan laut hanya memiliki jarak sekitar 17 kilometer (km) dari pabrik Tonasa.

Menurut Arifin, gunung tersebut bisa dieksplorasi karena tidak masuk dalam kawasan hutan lindung serta aman dari pemukiman masyarakat. Ia mengemukakan, dalam Upaya Pengelolaan Lingkungan (UPL) Tonasa, bekas galian gunung nantinya akan dijadikan area persawahan.

Arifin mengemukakan, Tonasa mencari lahan tanah liat baru di gunung karena tidak boleh lagi ada penggalian ke bawah, seperti yang dilakukan selama ini di sekitar pabrik Tonasa II, III, IV dan V. Akibatnya, paling kurang lima lubang raksasa yang kini menjadi danau akibat penggalian tanah liat yang dilakukan Tonasa. Tonasa, tambah Arifin, selain memiliki lahan tanah liat sendiri, juga membeli tanah liat dari masyarakat.

Sementara, anggota DPRD Sulsel, Hery Suhari Attas mengingatkan agar Tonasa tidak hanya mengeruk keuntungan tetapi juga memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar, termasuk membangun jalan yang ada di sekitarnya dan di Pangkep.