Semen Kupang Ditarget Produksi 300 Ribu Ton

0
Foto: infoindo.com

KonsPro (16/02) –  MENTERI Negara Badan Udaha Milik Negara (Meneg BUMN), Mustafa Abubakar, menyebutkan, untuk tahap awal PT. Semen Kupang ditarget memproduksi 300 ribu ton per tahun, dengan serapan tenaga kerja lebih kurang 300 orang.

“Pabrik ini akan menyerap tenaga kerja sebesar 300 orang. Diharapkan, beroperasinya pabrik ini dapat memberikan kontribusi kepada Nusa Tenggara Timur,” harap Mustafa di Jakarta, pekan silam.

Untuk diketahui, PT. Semen Kupang menghentikan produksinya sekira bulan Maret 2008 lantaran dililit masalah keuangan sehingga tak memiliki modal kerja untuk beroperasi.

Sekitar tahun anggaran 2007-2008, pemerintah pusat menyuntikan penyertaan modal senilai lebih kurang Rp 50 miliar guna membantu operasional PT Semen Kupang. Sayangnya, dana itu tak mampu menolong PT. Semen Kupang yang sakitnya sudah stadium tinggi itu.

Perusahaan ini mengalami banyak kerugian dan hutang, sehingga penyertaan modal tersebut habis digunakan untuk membayar hutang kepada supplier, listrik, upah karyawan dan lainnya sebesar Rp 35 miliar. Sisanya senilai Rp 15 miliar digunakan untuk modal kerja, namun tidak cukup untuk menggerakkan kembali roda perusahaan dari ancaman kematian.

Dengan masuknya PT Sarana Agro Gumilang (SAG), PT Semen Kupang kembali dicoba untuk dibangkitkan. Nilai investasi Rp 300 miliar, PT. Semen Kupang bisa segera memulai pengoperasian pabrik dengan pengadaan genset diesel bertenaga solar untuk produksi listrik.

Semen Kupang memiliki kapasitas terpasang sekitar 570.000 ton per tahun. Dengan produksi sebesar itu, perseroan membutuhkan pasokan listrik sekitar 8-10 megawatt. (infoindo.com)