Sekilas Mengenal Bisnis Jasa Property Management

0

 

KonsPro (6/8) – PERTUMBUHAN  gedung-gedung pencakar langit yang begitu pesat, juga membuka peluang usaha pengelolaan gedung semakin besar. Sebagai kota metropolitan, Jakarta  dipenuhi  “belantara” gedung-gedung tinggi, sudah barang tentu ini akan membuat Jakarta menjadi pasar yang sangat menggiurkan bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa property management.

Dibanding dengan bisnis properti (pengem-bang), di Indonesia bidang bisnis jasa property management masih tergolong baru, sehingga tidak heran kalau banyak orang (terutama masyarakat awam) yang kurang paham apa sesungguhnya property management itu? Dan sejauh mana tangung jawab dan ruang lingkup kerjanya? Untuk itulah, artikel ringan ini dibuat, dengan harapan khalayak umum dapat “sedikit” memahami apa itu Property Management?

 

Pertumbuhan perekonomian yang kondusif selalu diikuti dan sejalan dengan pertambahan per-mintaan akan gedung-gedung, baik untuk hunian maupun komersial. Kemudian peluang itu “ditangkap” oleh para pengembang dengan membangun gedung apartemen atau gedung perkantoran.

 

Dalam hal ini, Jakartalah yang menjadi “cermin” yang sempurna untuk melihat gencarnya pengembang mendirikan gedung-gedung pencakar langit yang dari waktu ke waktu permintaannya terus bertambah.

Dan agar terawat dengan baik dan nilai investasi dari gedung itu tidak jatuh (menurun), bahkan diharapkan dapat terus merangkak naik, maka dibutuhkan tenaga/profesional yang dapat secara rutin melakukan segala aspek dari perawatan gedung, yang kemudian dikenal sebagai perusahaan jasa property management atau pengelola gedung atau building management.

Bisa dibayangkan, kalau gedung-gedung megah dengan konsep yang sempurna itu tidak dikelola dengan baik, maka dijamin kesemrawutan, bahkan kekumuhan pasti menjadi pemandangan sehari-hari. Kalau itu terjadi, tidak hanya pengembangnya yang merugi (karena image gedung yang dia bangun berakhir dengan kekumuhan). Tetapi yang juga akan merasakan dampak langsung adalah para pemilik dan penghuni. Selain tidak nyaman dan aman, nilai sewa dan nilai jual unitnya akan “terjun bebas”.

Dalam perawatan gedung jasa property management memiliki posisi strategis, karena mereka punya peranan penting dalam bidang operasional di antaranya: Customer Service, Leasing,  Maintenance, Cleaning Service, Pest & Rodent Control, Landscaping, Safety & Security, Parking Management, Adv & Promo, Asset Management, Audit, perbaikan dan lain-lain.

Saat ini property management sudah menjadi kebutuhan “wajib” bagi pemilik gedung. Keberadaan property management juga penting untuk mengoperasional gedung yang semakin canggih, kompleks, agar gedung lebih efisien, lebih ramah lingkungan, dan yang utama melayani keluhan-keluhan dari pemilik dan penghuni. Semua itu hanya dapat dikerjakan oleh tenaga-tenaga profesional, yakni perusahaan property management.

Untuk mengoperasikan gedung-gedungnya, seringkali pemilik properti melakukan kerjasama (outsourcing) dengan perusahaan jasa property management. Efisiensi dan fokus pada core business menjadi alasan utama para pemilik properti melakukan outsourcing dengan perusahaan jasa property management sebagai ahlinya. (erlan@konsumenproperti.com)