Saatnya Beli Properti di Wilayah Sunrise

0
2
Masterplan CitraLand Puri Serang (Istimewa)

Masterplan CitraLand Puri Serang (Istimewa)KonsPro (20/02/2016), SERANG – Dalam “ilmu properti” kawasan boleh dikategorikan sebagai kawasan sunrise property, yaitu daerah yang sedang tumbuh dan berkembang dengan tingkat permintaan tinggi.  Kawasan yang sedang dalam in demand  (yang lagi dicari orang) atau kawasan yang sedang bersinar.

 

Nyatanya, dalam dua tahun terakhir ini, kawasan yang berada di tengah-tengah Kota Serang ini sangat dekat dengan berbagai fasilitas kota, seperti kantor-kantor Pemerintahan Kota Serang, pusat-pusat bisnis, rumah sakit, sekolah (SD hingga universitas), serta diapit oleh dua pintu tol (Serang Timur dan Serang Barat), mengalami lonjakan permintaan hunian dan ruang usaha cukup tinggi, diiringi dengan melejit harga tanah dan bangunan atas 20%.

 

Menurut praktisi pemasaran properti Tirta Setiawan, salah satu trigger makin “seksinya” kawasan tersebut adalah masuknya pengembang besar, yakni Ciputra Group yang mengembangkan CitraLand Puri Serang, akhir 2014 telah mengangkat gengsi Jl. Lingkar Selatan, yang sebelumnya wilayah ini memang sudah sangat prospektif.

“Harus diakui, CitraLand Puri Serang bagaikan lokomotif yang menarik harga tanah dan bangunan di sekitar wilayah tersebut. Perkiraan saya, sejak akhir 2014 sampai sekarang, kenaikan harga properti di situ sekitar 20 – 30 persen,” kata Tirta.

Mantan Ketua Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) itu berpendapat, harga pasar di wilayah-wilayah sunrise seperti di sepanjang Jl. Raya Lingkar Selatan, Ciracas ini akan terus “mendaki”. Harganya belum sampai pada titik puncak. Perkiraan Tirta baru pada level 50 persen.

“Kondisi ini harusnya cepat ditangkap oleh konsumen, terutama yang berniat berinvestasi. Sebab dibanding saham, deposito, dan surat berharga lainnya, properti jauh lebih menguntungkan, dan yang terpenting aman. Saatnya kita membeli properti di daerah-daerah sunrise,” saran Tirta.

CitraLand Puri Serang

Kejelian Ciputra Group memilih lokasi di Jl. Raya Lingkar Selatan, Ciracas, diacungi jempol oleh Tirta. Sebab, selain sangat dekat dengan  pusat Kota Serang, serta fasilitas kota lainnya, CitraLand Puri Serang juga  dapat ditempuh hanya 10 menit ke exit Tol Serang Timur, dan memiliki 3 akses langsung dari Jl. Perum BSI, Jl. Kuranji dan Perumahan Puri Indah.

Menurut Ardian Hendra Project Manager CitraLand Puri Serang, sejak dipasarkan akhir tahun 2014 proyek yang dikembangkan di atas lahan 60 hektar ini tidak pernah sepi pembeli. Besarnya minat masyarakat Serang dan sekitarnya sudah terlihat di awal-awal peluncurkan proyek ini.

“Di awal pembukaan cluster pertama saja, tidak lebih seminggu sekitar 132 unit habis terjual. Waktu itu harga kami buka mulai Rp.499 jutaan. Sekarang dengan type yang sama harga sudah Rp.599 jutaan, dan masih tetap diminati,” ujar Ardian.

Ardian menyatakan, meski di tahun 2015 dikatakan pasar properti mengalami pelambatan, namun penjualan rumah dan ruko di CitraLand Puri Serang tetap stabil. Di akhir tahun 2015, penjualan rumah makin bergairah dengan dirilis inovasi produk terbaru bertajuk “Rumah Idaman” dengan harga terjangkau Rp.200 jutaan.

“Ini kami lakukan karena permintaan rumah di segmen Rp. 200 jutaan sangat besar, sehingga dibuka distrik  baru, Distrik Alila berada di posisi ketinggian dengan view pegunungan. Sesuai perkiraan kami, Distrik Alila menawarkan 400 unit rumah idaman, langsung diserbu masyarakat. Sekarang sudah lebih 95 persen terjual,” jelasnya.

Memasuki tahun 2016, Ardian tetap optimis penjualannya makin laris manis, mengingat perekonomian Indonesia terus membaik, diikuti makin kuatnya daya beli masyarakat, serta didukung progress pembangunan yang cepat.

“Sekarang ini, lingkungan kawasan CitraLand Puri Serang sudah mulai tampak sebagai perumahan eksklusif. Kami telah menyelesaikan pembangunan gerbang utama, jalan utama yang cukup luas, saluran drainase, dan taman-taman. Cluster pertama dan pertokoan sedang dalam tahap penyelesaikan. Sementara untuk rumah di Distrik Alila sudah siap bangun. Saat ini kami sedang pasarkan type terbaru Riviera di Cluster Alcovy, dengan luas bangunan 48 m2 dan luas tanah 90 m2, tersedia hanya 10 unit,DP mulai Rp.68 jutaan,” pungkas Ardian. (Erlan Kallo)