Rusun Cengkareng Jadi Tempat Mobil Rongsokan

0
Foto: beritajakarta.com

KonsPro (22/02) JAKARTA – SEBANYAK  200 unit Rumah Susun Cengkareng yang diperuntukkan bagi petugas Dinas Kebersihan di RT 05/05, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, yang dibangun pada 2006 hingga saat ini belum juga ditempati. Akibatnya selain banyak fasilitas rusun berlantai enam itu hilang, juga kini dijadikan tempat mobil rongsokan.

Ironisnya, penjarahan di rusun telah terjadi tiga kali sejak pembangunannya rampung pada 2008. Naif (52), warga sekitar mengatakan, sejumlah fasilitas yang hilang dicuri di antaranya, kusen pintu, jendela, teralis, dan besi pegangan anak tangga.

Lebih memprihatinkan kondisi bangunan rusun juga terlihat kusam dan rumputnya dibiarkan tumbuh tinggi. Tidak hanya itu, areal lahan kosong di depan rusun juga dijadikan tempat menumpuk mobil-mobil rongsokan mulai dari truk hingga sedan sehingga rusun tampak angker dan tidak terawat. “Kalau malam kondisinya gelap dan terlihat angker,” tuturnya, Senin (21/2).

Kasubdis Pengadaan Rusun Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI, Makmun, mengatakan sejak rusun tersebut kelar dibangun, pihaknya telah berusaha menyosialisasikan kepada pegawai Dinas Kebersihan. Namun, para pegawai enggan menempati. “Alasan pastinya saya tidak tahu. Tapi yang jelas kami tidak pernah menahan agar rusun tersebut kosong,” ungkapnya.

Namun, agar kerusakan rusun tidak semakin parah, pihaknya pada anggaran 2011 telah memprogramkan perbaikan dan melengkapi fasilitas rusun kembali. “Biaya untuk perbaikannya sudah disiapkan melalui APBD 2011,” ujarnya.

Selain melakukan perbaikan, sistem keamanan rusun juga akan lebih ditingkatkan seperti memagar seluruh lingkungan rumah susun dengan tembok dan lampu penerangan di sekelilingnya. (BerJak)