Rumah Pejabat Dibongkar hingga Tiga Kali

0
2
Dok. beritajakarta.com

KonsPro (28/10) JAKARTA – UNTUK kali ketiga aparat Sudin Pengawasan dan Penertiban Bangunan (Sudin P2B) Jakarta Selatan membongkar sebuah rumah mewah milik pejabat negara di Jalan Raden Patah No 18, Kelurahan Selong, Kebayoran Baru, Jakarta selatan. Rumah berlantai 2 ini terpaksa dibongkar karena tidak sesuai dengan izin mendirikan bangunan (IMB) yang dikeluarkan.

Pembongkaran yang melibatkan sebanyak 20 petugas Sudin P2B ini berjalan lancar. Pembongkaran dipimpin langsung Kasudin P2B Jakarta Selatan Widyo Dwiyono, Kasie Penertiban Achlak Samaun dan Kasie P2B Kebayoran Baru Maulani Pane. “Tidak ada istilah tebang pilih walau ini rumah pejabat, kalau memang melanggar aturan kita bongkar,” tegas Widyo Dwiyono, Kamis (27/10).

Dia mengatakan, rumah pejabat BUMN berinisial AR ini bangunan di lantai 2 tidak sesuai IMB bernomor 8025/IMB/2009 yang dikeluarkan. Meski telah diberi peringatan dengan melayangkan SP4, Segel hingga surat perintah bongkar (SPB), pemilik bangunan tetap melanjutkan proses pembangunan. “Makanya kita bongkar seluruh bangunan yang tidak sesuai izin yaitu pada rongga atap,” tegasnya.

Maulani Pane, Kasie P2B Kebayoran Baru, menambahkan, dalam peringatan awal yang dilayangkan pihaknya juga membongkar sebagian bangunan untuk membuat jera. Namun hingga pembongkaran kedua tidak ada niat dari pemilik untuk menyesuaikan izin bangunan. “Kita lihat dulu setelah ini apakah pemilik segera mengurus izin serta menyesuaikannya,” tandasnya.

Jika tidak, Maulani menegaskan pihaknya menyeret pemilik bangunan tersebut untuk mengikuti sidang yustisi bangunan. (BeritaJakarta)