Pertumbuhan Hotel Berbintang di Yogya Meningkat

0
Ilustrasi: pusaka-indonesia.com

KonsPro (29/01) YOGYAKARTA – Tingkat pertumbuhan hotel bintang di Yogyakarta dalam beberapa tahun terakhir meningkat tajam, kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Tazbir, di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia peningkatan itu sejalan dengan iklim investasi sektor perhotelan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang makin kondusif.

“Meski demikian, pertumbuhan hotel yang makin meningkat tersebut harus diimbangi dengan pelayanan dan prima bagi wisatawan. Selain itu pertumbuhan hotel jangan sampai saling merugikan. Harus saling mengisi dan bersaing secara sehat,” katanya.

Ia mengatakan pertumbuhan hotel harus diimbangi dengan kualitas pelayanan kepada wisatawan yang menginap di hotel berbintang di daerah ini.

“Saat ini daya saing perhotelan di daerah ini menjadi kunci keberhasilan sektor pariwisata termasuk pengelolaan hotel secara profesional,” katanya Tazbir.

Ia mengatakan bahwa dalam kaitan dengan daya saing tersebut Dinas Pariwisata Provinsi DIY memberikan Sertifikasi kepada delapan hotel kelas bintang di Yogyakarta pada Rabu (26/1).

Sejumlah hotel yang menerima sertifikasi untuk hotel bintang dua yaitu Puri Dewata Hotel, Eclipse Hotel, Jogja Village Inn. Sedangkan kategori bintang tiga yaitu Griya Persada di Kaliurang, Grand Palace dan Mutiara Hotel. Serifikat bintang empat antara lain Safir Hotel dan Garuda Hotel.

“Griya Persada termasuk hotel kelas bintang yang memiliki kelebihan karena lokasinya berada di kawasan wisata Kaliurang di kaki Gunung Merapi bagian selatan,”katanya. (Ant.)