Perbedaan SHGB dengan SHM

0
3

KonsPro (17/7) – ANDA punya masalah hukum di bidang properti? Kirimkan pertanyaan Anda di email redaksi@konsumenproperti.com. Sertakan alamat, dan indentitas yang jelas, kami akan segera menjawab pertanyaan Anda.

Pertanyaan:

SAYA  mempunyai beberapa penawaran ruko dari beberapa developer properti. Dan saya sangat tertarik, pada satu ruko karena lokasinya yang tergabung dengan mall. Ketika saya hendak memberi DP (down payment), saya tanyakan ke marketingnya tentang status kepemilikan ruko tersebut, dan dijawab adalah sertipikat HGB (hak guna bangunan).

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, saya ingin bertanya beberapa hal mengenai status kepemilikan/sertifikat, mengingat hal tersebut merupakan pertimbangan saya untuk membelinya, yaitu:

  1. Apakah perbedaan dalam hal “keuntungan” memiliki sertifikat HGB & sertipikat HM (hak milik)?
  2. Apakah HGB dapat diubah menjadi SHM?

Mohon untuk jawabannya, Terimakasih

Nugraha, Tangerang (Banten)

Jawaban:

PAK Nugraha, mengenai permasalahan yang Bapak tanyakan dapat kami jelaskan sebagai berikut:

  1. Dalam hal status kepemilikan/sertipikat tentunya akan lebih meuntung jika memiliki SHM karena SHM tidak mempunyai jangka waktu tertentu sehingga tidak perlu diperpanjang, sebaliknya jika sertipikat HGB maka ada jangka waktu tertentu dan implikasinya adalah ke biaya bila nantinya HGB tersebut akan diperpanjang.
  2. Mengenai perubahan HGB, maka statusnya bisa saja ditingkatkan menjadi SHM, tapi biasanya peningkatan status tersebut bisa dilakukan apabila peruntukannya untuk hunian namun bila peruntukan HGB itu untuk komersial maka sulit untuk dijadikan SHM.

Demikian penjelasan singkat ini semoga bermanfaat.