Penghuni Rusun Angke Kesulitan Air Bersih

0
Dok. BeritaJakarta.com

KonsPro (7/9) JAKARTA – SEJAK  seminggu terakhir, penghuni rumah susun (rusun) Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat kesulitan mendapatkan air bersih. Kondisi semakin diperparah dengan sulitnya menemukan pedagang eceran air bersih dengan gerobak dorong karena diduga banyak yang belum kembali ke Jakarta usai merayakan lebaran di kampung halaman.

Marto (50), penghuni rusun menuturkan, kelangkaan air bersih ini dampak dari jebolnya tanggul dan pintu air Kalimalang, Jakarta Timur. “Warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk mandi, cuci, dan kakus. Penghuni rusun terpaksa membeli air mineral untuk kebutuhan sehari-hari,” tuturnya, Rabu (7/9).

Hal senada diungkapkan Dewi (40). Diakuinya, sejak penghuni mengalami kesulitan air bersih, pemerintah melalui PMI Cabang Jakarta Barat telah mensuplai air bersih melalui mobil tangki ukuran 5.000 liter. Tapi mengingat jumlah penghuni rusun mencapai 700 jiwa, praktis air tersebut tidak mencukupi kebutuhan seluruh penghuni.

“Suplai air tersebut memang cukup membantu. Tapi jika bisa suplai air ditambah agar memenuhi kebutuhan seluruh penghuni. Sebab selain untuk air minum, kami juga butuh air bersih untuk keperluan MCK,” ujarnya. BerJak