Pengelola Apartemen Bellezza Selenggarakan Bazar Kuliner Pagi

0
Foto: Istimewa

KonsPro (14/10/2014), JAKARTA – DI kawasan-kawasan tertentu, seperti perkantoran, mall dan apartemen (superblock) seringkali “makanan rakyat” atau jajanan pasar menjadi barang langka. Tempat-tempat seperti itu,  biasanya hanya terdapat café-café dan makanan siap saji yang kebanyakan brand luar negeri.

Padahal untuk “ukuran perut” rata-rata orang Indonesia, makan pagi dengan menu “makanan rakyat” sangat cocok. Malah tidak sedikit yang merasa belum sarapan jika hanya minum kopi dan makan roti  saja. Belum afdol disebut sarapan jika tidak ada unsur nasi di dalamnya.

Keadaan ini juga dialami oleh penghuni, karyawan dan  tenant (mall dan perkantoran) di kawasan mixed use Bellezza Permata Hijau, Jakarta Selatan, yang jumlahnya lebih dari 700 orang. Selama ini mereka  mengalami kesulitan mencari sarapan alternatif.

Masalah ini kemudian memunculkan ide dari badan pengelola untuk menyelenggarakan “Bazar Kuliner Pagi”, dengan mengundang warga sekitar kawasan Bellezza Permata Hijau untuk berjualan di sini. Tujuannya, tidak lain untuk memenuhi kebutuhan sarapan pagi para penghuni dan tenant di kawasan tersebut.

“Mereka menyajikan aneka makanan dengan harga yang terjangkau, seperti lontong sayur, siomay, batagor, pempek, otak-otak, bubur ayam, ketoprak, dan jajan pasar lainnya. Berlangsung  di  Bellezza Shopping Arcade, dari pukul 07.00 – 10.00 WIB,” kata E.O. Gobel, Apartment Manager Bellezza Permata Hijau, di sela-sela acara tersebut.

Ide ini muncul, kata Gobel, juga dari masukan dan keluhan para penghuni apartemen yang kadang-kadang bosan sarapan di café. Sementara kalau ingin mencari makanan alternatif, mereka harus keluar yang jaraknya cukup jauh jika ditempuh dengan jalan kaki.

“Sebelum kami mengundang masyarakat sekitar untuk berdagang, awalnya kami menawarkan kepada para penghuni dan pemilik café-café untuk berpartisipasi, tetapi kebanyakan mereka sibuk,” tutur Gobel

Selama masa percobaan dari tanggal 7 – 19 September 2014 silam, tanggapan dan respon penghuni, karyawan  dan tenant sangat positif. Di lain pihak, masyarakat kecil yang berdagang di situ merasa gembira dengan keuntungan yang diperolehnya. Ternyata kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan  dan ternyata ada pangsa pasarnya juga.

Dengan keberhasilan ini, Badan Pengelola Apartemen Bellezza Permata Hijau berencana akan memulai lagi event sejenis ini, pada 1 bulan ke depan. “Kami akan buat semacam event Festival Makanan. Jadi tidak hanya sarapan pagi, tapi juga makan siang, sehingga jam penyelenggaraannya pun kita perpanjang. Kalau event lalu tidak kami tarik sewa dari para pedagang,  untuk selanjutnya kami tarikin sewa” imbuhnya.

Di samping itu, lanjut Gobel, tujuan diadakannya event ini, adalah membantu meramaikan area komersial di lingkungan Bellezza Permata Hijau. “Dengan makin ramainya event ini sebagai tempat berkumpul orang untuk makan, diharapkan juga berimbas pada keramaian mall, shop houses dan cafe-cafe di Bellezza Shopping Arcade,” kata Gobel optimis. (Reza)