Pendidikan Untuk Semua Kalangan di CitraRaya Tangerang

0

KonsPro (11/03) – SEBUAH  perumahan yang baik, tidak hanya dinilai dari keindahan arsitektur, keasrian taman, dan kemulusan jalan-jalannya. Tetapi ketersediaan fasilitas-fasilitas yang menunjang kebutuhan hidup warganya jauh lebih penting. Salah satu fasilitas vital adalah pendidikan bagi anak-anak bangsa yang tinggal di dalamnya.

Pendidikan memang bukan segala-galanya. Pendidikan memang tidak otomatis membuat hidup orang sejahtera, karena pendidikan hanya merupakan alat yang tergantung oleh siapa penggunanya. Namun pendidikan adalah alat perubahan yang terbukti sudah merubah banyak orang menjadi terhormat, berharkat  dan sejahtera. Karena itu setiap kawasan perumahan hendaknya tidak hanya menjadikan sekolah sebagai fasilitas complementary (pelengkap) saja, tetapi merupakan fasilitas utama, apalagi kalau  pengembangan perumahan tersebut berkala besar. Sarana pendidikan yang berkualitas dan berjangkau sehingga oleh semua segmen penghuninya dapat mengekses pendidikan tersebut wajib tersedia. 

Sebagai pengembang berskala kota mandiri, CitraRaya Tangerang sadar betul betapa pentingnya ketersediaan fasilitas pendidikan, sehingga sejak awal dikembangkan (tahun 1995) CitraRaya sudah memprioritaskan pembangunan sarana pendidikan untuk para penghuninya.

Terbukti di awal pengembangannya, CitraRaya berhasil “menarik” Yayasan Tarakanita, institusi pendidikan ternama masuk di tahun 1997. Di saat  para penghuni belum banyak KB/TK (Kelompok Bermain/Taman Kanak-kanak) Tarakanita dioperasikan. Dan setelah 13 tahun, Tarakanita semakin berkembang. Saat ini Tarakanita CitraRaya sudah menambah jenjang pendidikannya SD, SMP, hingga SMU.

Kemudian beberapa tahun kemudian TK Mutiara Bangsa milik tokoh pendidikan anak Kak Seto melengkapi fasilitas pendidikan yang ada di CitraRaya.

Perkembangan CitraRaya Tangerang yang begitu pesat, membutuhkan lebih banyak sarana pendidikan  dengan berbagai kekhususan sendiri-sendiri, dan pilihan biaya pendidikan. Potensi ini mendapatkan perhatian dari yayasan-yayasan dan lembaga-lembaga pendidi-kan dikenal menerapkan mutu pendidikan yang baik. Salah satunya lembaga pendidikan Islam Yayasan Islamic Village yang masuk ke CitraRaya Tangerang pada tahun 2002, yang awalnya mendiri-kan SD Citra Islami.

Masuknya Islamic Village di CitraRaya disambut gembira karena sekolah bernafas Islam ini menambah keragaman pendidikan di lingkungan CitraRaya. Seperti Yayasan Tarakanita, Islamic Village CitraRaya juga mengalami perkembangan yang pesat. Hingga saat ini jenjang pendidikan di Islamic Village CitraRaya Tangerang sudah sampai SMU.

Kemudian pada tahun 2004, sebagai dukungan partisipasi atas dunia pendidikan, Ciputra Group mengoperasikan Sekolah Citra Berkat CitraRaya Tangerang.

Bertambahnya fasilitas-fasilitas utama di CitraRaya Tangerang, seperti sarana transportasi (feerder busway), pusat-pusat perbelanjaan, sport club, Water World, sarana rekreasi, perbankan, restoran dan hypermarket, memacu pertumbuhan pen-duduk yang sangat signifikan. Sekarang penduduk kota mandiri ini mencapai lebih dari 85.000 jiwa, dengan berbagai golongan ekonomi, sosial, suku bangsa, dan  agama.

Selain lembaga-lembaga pendidikan ter-sebut di atas, terdapat pula sekolah-sekolah yang menawarkan biaya pendidikan yang sangat berjangkau, namun tetap menerapkan sistem pembelajaran berkualitas. Sekolah-sekolah tersebut adalah sekolah Al-Fatih, Sekolah JFK, dan SD Negeri Mekar Bhakti.

Sekolah-sekolah tersebut di atas harus diakui mempunyai kontribusi besar dalam ikut mencerdaskan anak-anak bangsa yang tinggal di CitraRaya Tangerang. Untuk lebih melengkapi Cover Story, di bawah ini kami sajikan profil singkat sekolah-sekolah itu. (Erlan Kallo, erlan@konsumenproperti.com)