Pekalongan Utara: Akses Makin Mulus, Panjang Baru Makin Dilirik

0
0
Istimewa: Perumahan CitraGarden Pekalongan

KonsPro (23/4), PEKALONGAN – DALAM dua tahun terakhir ini, kawasan Pekalongan Utara menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Hal ini dipacu dari pergerakan berbagai pembangunan infrastruktur, fasilitas utama, serta kawasan hunian berkualitas, sehingga wilayah Pekalongan Utara mulai banyak dilirik oleh masyarakat seiring dengan membaikan ekses jalan-jalan di wilayah tersebut.

Untuk meningkatkan kualitas infrastruktur khususnya jalan-jalan di Kota Pekalongan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pekalongan kini sedang melakukan perbaikan dan peninggian jalan di beberapa wilayah, antara lain Jl. Kusuma Bangsa, Jl. P. Antasari , Jl Ir. Sutami, Jl. Dwikora, Jl. Yos Sudarso dan Jl. Bandung.

Salah satu jalan yang mendapat perhatian khusus adalah Jl. Kusuma Bangsa, Panjang Baru, Pekalongan Utama yang pengerjaannya akan dimulai minggu ini. Menurut Andreas Raditya, Pimpinan Wilayah 1 (Jawa – Sumatera) Subholding 3B, Ciputra Group, dengan adanya peninggian/peningkatan kualitas jalan-jalan tersebut maka  akan tampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat kawasan, termasuk kawasan Panjang Baru, Pekalongan Utara.

“Harus kita akui, bahwa perkembangan positif ini tentunya tidak terlepas upaya dan komitmen dari Pemkot (Pemerintah Kota) Pekalongan untuk memajukan seluruh wilayah Kota Pekalongan ini. Di samping memudahkan aksesbilitas masyarakat sekitar, perbaikan infrastruktur jalan akan merangsang percepatan pertumbuhan ekonomi dan image kawasan Panjang Baru,” ujar Raditya kepada sejumlah wartawan, Selasa, 25 April 2013.

Raditya mengatakan, beberapa tahun belakangan ini, wilayah Pekalongan Utara semakin menarik tidak hanya untuk bisnis tapi juga untuk hunian. Di samping itu adanya rencana Pemkot Pekalongan untuk mengembangkan Minapolitan yakni kawasan bisnis terpadu berbasis  komoditas perikanan (maritim) unggulan, terdiri atas sentra produksi terintegrasi dari hulu hingga hilir. Dengan program-program tersebut, kata Raditya, akan memberikan dampak ekonomi yang besar kepada masyarakat Pekalongan Utara.

Khusus wilayah Jl. Kusuma Bangsa, Panjang Baru, dia menilai, dengan akan makin mulus jalan maka wilayah ini akan semakin diminati masyarakat Kota Pekalongan. Buktinya saat ini pertumbuhan wilayah tersebut semakin dinamis. Melihat peluang itu beberapa investor tertarik membangun perumahan berkualitas di situ. Salah satunya perumahan eksklusif CitraGarden Pekalongan dikembangkan oleh Ciputra Group yang dalam beberapa bulan ini mengalami lonjakan penjualan rumah dan ruko.

Menyusul  sukses CitraGarden Pekalongan, tidak jauh dari perumahan tersebut, rencananya tahun ini akan dikembangkan juga perumahan baru, yaitu Taman Cemara oleh PT Intan Kharisma Jakarta. Bertambahnya pembangunan perumahan di wilayah ini akan berdampak naiknya nilai ekonomis tanah di sekitarnya. Selainnya akan menggairahkan perekonomian dan penyerapan lapangan kerja yang tidak sedikit.

“Belum lagi terdapatnya STAIN (Sekolah Tingg Agama Islam Negeri) Pekalongan yang memiliki lebih dari 6 ribu mahasiswa, yang menurut kabar sedang mencari lahan di sekitar Panjang Baru untuk kampus barunya. Semua itu membawa dampak positif dan makin diminati wilayah Panjang Baru,” tandas Raditya. (Erlan Kallo)