Minta Uang Kembali di Apartemen Pailit

0
Foto: miamism.com

Pertanyaan:

KonsPro (19/11). Salam sejehtera kepada Pak Erwin Kallo. Senang sekali membaca artikel-artikel bapak di situs KonsPro ini. Terus terang saya banyak mendapatkan pengetahuan seputar masalah-masalah hukum properti. Kebetulan saya juga mempunyai masalah hukum dengan transaksi properti.

 

Perkenalkan, saya mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, Universitas Parahyangan Bandung. Orang tua saya mempunyai US$ 31 ribu yang macet di proyek PT Megacity yang dipailitkan. Keputusan pailit sudah keluar.

Pada awalnya keputusan yang diambil adalah pengembalian uang proyek, akan tetapi selama 2 kali proses tiba-tiba keputusan pengadilan adalah pengajuan damai dan pembangunan akan dibangun kembali dan kami harus menunggu pembangunan.

Pertanyaan saya. Apakah kami dapat mengajukan permintaan uang kami yang ada pada proyek tersebut? Kebetulan keluarga kami sangat membutuhkan uang tersebut. itu saja pertanyaan saya. Terima kasih. Tuhan Memberkati.

Eko Paulus, Bandung

Jawaban:

Kepada saudara Eko Paulus, terima kasih atas perhatian saudara terhadap artikel-artikel yang kami tayangkan di KonsPro. Kasus yang saudara hadapi ini juga menjadi masalah oleh sebagian besar konsumen properti yang proyek dibeli itu dipailikan. Ujung-ujungnya, selalu atau hampir pasti yang paling merugi adalah konsumen. Karena itu, saya selalu menyarankan kepada klien untuk teliti, teliti, dan teliti dahulu kelayakan proyek, jejak rekam, dan kredibilitas developernya.

Namun sudahlah, nasi sudah jadi bubur. Menjawab pertanyaan saudara maka kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  • Bahwa pada prinsipnya, apabila suatu perusahaan (PT Megacity) dipailitkan maka penguasaan perusahaan tersebut berada pada kurator.
  • Jika keputusan awal dalam pailit itu adalah pengembalian uang para konsumen, maka apabila dalam perkembangan proses pailit itu pihak pengadilan mengajukan damai, maka nantinya bisa atau tidaknya dana Anda diminta kembali tergantung pada keputusan dalam akta perdamaian tersebut.
  • Jadi kalau saudara menginginkan mendapatkan kembali uang Anda, maka bisa Anda perjuangkan sehingga nanti dalam akta perdamaian tersebut, agar  bisa dicantumkan bahwa isi keputusan perdamaian itu antara lain adalah mengembalikan dana konsumen (termasuk) anda.
  • Untuk beberapa konsumen lainnya bisa saja menyepakati pembangunan proyek untuk dilanjutkan.

Demikian penmjelasan singkat kami.