Menteri PURP: Akan Ada Direktorat Baru di Kemen PURP

0
Menteri PUPR (Foto Antara)

KONSPRO, AMBON – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa akan ada direktorat jenderal baru di kementerian yang dipimpinnya.

“Ada satu direktorat jenderal baru, direktorat jenderal pembiayaan infrastruktur,” ujar Menteri Basuki di Ambon, Maluku pada Rabu.

Direktorat baru ini akan menangani pembiayaan infrastruktur tidak hanya perumahan. “Hampir mirip dengan direktorat pembiayaan perumahan,” ujar Menteri PUPR kepada awak media.

Selain itu, menurutnya, akan ada direktorat atau pusat yang akan menangani tugas tambahan Kementerian PUPR yakni pembangunan prasarana pendidikan dan pasar.

“Mudah-mudahan pekan ini sekretaris jenderal bisa membuat peraturan menteri PUPR-nya,” kata Menteri Basuki saat meresmikan dua sarana infrastruktur bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Dua sarana infrastruktur di Kota Ambon, Maluku yang diresmikan oleh kedua menteri tersebut yakni Dermaga TNI Angkatan Laut Tawiri serta Revitalisasi dan Penataan Kawasan Pantai Wainitu.

Pembangunan Dermaga TNI AL itu dikerjakan sejak Maret 2017 oleh Kontraktor PT. Brantas Abipraya (Persero) dengan konsultan PT. Yodya Karya (Persero) senilai Rp121 milliar.

Sedangkan pembangunan pengaman Pantai Wainitu dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku, Ditjen Sumber Daya Air sepanjang 1.421 meter, secara bertahap dari tahun 2013-2015. Pada tahun 2013 diselesaikan 492 meter, 2014 sepanjang 424,87 meter dan 2015 sepanjang 505 meter. Total biaya pembangunan sebesar Rp19 miliar.

Pembangunan pengamanan pantai dilanjutkan dengan penataan kawasan Wainitu yang sebelumnya merupakan salah satu kawasan kumuh di Kota Ambon. Penataan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya pada tahun 2018 dengan anggaran Rp11,3 miliar berupa pembangunan landmark, jalur pejalan kaki sepanjang 350 meter, lapangan futsal dan volley, jembatan, tempat bermain anak dan kawasan taman. Selain itu dilengkapi oleh lampu penerangan, tempat sampah dan gazebo.

Antara