Menpera Minta Pohuwatu Miliki Land Banking

0
Foto: Humas Kemenpera

KonsPro (8/5) GORONTALO – MENTERI Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa meminta Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo untuk memiliki land banking demi pembangunan perumahan ke depan.

Selain itu, Menpera juga mengharap pemda setempat untuk melakukan konsolidasi lahan sejak awal sehingga mempermudah pengelolaan lahan bagi perumahan. Hal ini diungkap Menpera dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, Jumat (6/5).

Bupati Pohuwato, H. Syarif Mbuinga menjelaskan dalam sambutannya, bahwa Kabupaten Pohuwato yang berumur sewindu sudah berhasil mengatasi masalah-masalah strategis, salah satunya masalah kemiskinan.

Hal ini diatasi salah satunya dengan pemberdayaan masyarakat, termasuk pembangunan rumah layak huni bagi warga miskin. Sejak tahun 2005 sampai tahun 2010, pemda telah membangun rumah layak huni bagi warga miskin sebanyak. 1.848 unit.

“Pada tahun 2011 ini, kami telah programkan 300 unit dan ditambah bantuan dari Kementerian Perumahan Rakyat sebanyak 150 unit, jadi totalnya 450 unit,” tambah Syarif.

Khusus di Kabupaten Pohuwato, Kemenpera telah merencanakan pelaksanaan program Tahun Anggaran 2011 yakni pemberian bantuan Stimulan PSU Kawasan dengan target dapat menampung 325 unit RSh dan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang perumahan dengan alokasi kurang lebih 1,4 milyar rupiah yang dperuntukkan pada pembangunan sarana dan prasarana air bersih di perumahan.

Selain itu, Suharso juga mencanangkan pembangunan PSU di Desa Botubilotahu, Kecamatan Marissa, Kab. Pohuwato didampingi Bupati Pohuwato. (Ristyan)