Menpera : Fungsi Kota Jangan Sampai Hilang

0
Foto: Humas Kemenpera

KonsPro (28/4) JAKARTA – MENTERI  Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa mengajak setiap kepala daerah untuk tetap menjaga fungsi kota. Jika hal itu dapat dilaksanakan dengan baik maka perkembangan kota ke depan dapat direncanakan dan diatur dengan sebaik-baiknya.

“Fungsi kota untuk tempat beraktifitas masyarakat jangan sampai hilang dan tidak teratur,” ujar Suharso Monoarfa di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Suharso Monoarfa, yang diperlukan saat ini adalah bagaimana pemerintah daerah memiliki perhatian lebih terhadap program perumahan dan kawasan permukiman bagi masyarakat perkotaan. Sebab, tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat saat ini juga ingin tinggal di daerah perkotaan karena dekat dengan tempat bekerja. Selain itu, kota ke depan juga menjadi ikon serta tolok ukur tingkat kesejahteraan masyarakatnya.

Namun demikian, karena harga tanah yang semakin mahal dan lahan perumahan yang semakin sempit menjadikan banyak masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran kota. Dalam hal ini, perencanaan tentang pengembangan kota di masa yang akan datang perlu dilaksanakan dengan baik sehingga memiliki bentuk kota yang tertata secara baik.

“Saya melihat Jakarta yang dulu menjadi ikon bagi daerah lain untuk pengembangan kota saat ini tidak memiliki bentuk. Saya malah khawatir suatu saat jika kita tinggal di kota Jakarta dan kota-kota besar lainnya, untuk keluar dari rumah saja kita tidak bisa karena macet dan rumah tersebar dimana-mana. Oleh karena itu, perlu penataan kota yang baik oleh Pemda,” terangnya.

Lebih lanjut, Suharso Monoarfa menjelaskan, berbagai diskusi terkait perencanaan program perumahan dan kawasan permukiman telah dilaksanakan. Akan tetapi jika Pemdanya tidak memiliki perhatian lebih terhadap hasil dari diskusi tersebut serta program perumahan tentunya hal itu tidak bisa terlaksana dengan baik.

“Di negara-negara maju, perhatian pemerintah pusat maupun Pemda terhadap program perumahan bagi masyarakatnya sangat besar. Oleh karena itu, kami berharap hal itu juga bisa dilakukan di Indonesia mengingat kebutuhan rumah masyarakat yang terus meningkat setiap tahunnya,” harapnya. (Ristyan)