P3RSI Perkokoh Eksistensi di Tengah Stakeholders

KonsPro (16/9/2015), JAKARTA - PERSATUAN Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Indonesia (P3RSI) menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) Ke-1 di Jakarta, pada 16 September 2015 yang diikuti sekitar 300 orang, terdiri dari peserta dan undangan.

Munas P3RSI yang mengangkat tema “Meningkatkan Eksistensi, Peran Serta dan Kontribusi P3RSI di Tengah Stakeholders” ini dihadiri pengurus Dewan Pengurus Pusat (DPP), anggota P3RSI, Dewan Pengurus Daerah (DPD) P3RSI Jawa Timur, pengurus DPP REI (Real Estat Indonesia), serta pengurus DPD REI dari berbagai wilayah.

Menurut Mualim Wijoyo Ketua Umum P3RSI Periode 2012 -2015, sejak dideklarasikan tiga tahun silam di Bogor, P3RSI telah memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas kepengurusan dan  pengelolaan rumah susun di Indonesia.

Mualim mengatakan, wadah bagi para pengurus Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS) ini terbentuk dilatarbelakangi oleh makin kompleksnya tantangan yang dihadapi para pengurus PPPSRS dalam pengelolaan rumah susun hunian dan non hunian.

“Tantangan tersebut tidak hanya dari sisi teknis perawatan gedung, namun juga dari sisi dinamika kehidupan (interaksi sosial kemasyarakatan) di rumah susun. Hal ini dimaklumi, karena hubungan dan interaksi yang terjadi di lingkungan rumah susun ini melibatkan berbagai kepentingan yang kerap sulit menemukan penyelesaiannya,” jelas Mualim dalam sambutannya.

Dalam kurun waktu 3 tahun ini, lanjut Mualim, DPP P3RSI telah menjalankan fungsi utamanya, yaitu sebagai forum komunikasi antar pengurus PPPSRS dan stakeholders  lainnya (pelaku pembangunan, eksekutif, legislatif, dan  masyarakat umum). Sebagai implementasi forum komunikasi,  berbagai kegiatan telah dilakukan oleh P3RSI, antara lain: pengembangan organisasi (pemben-tukan DPD P3RSI Jawa Timur),  berbagai diskusi  membahas regulasi yang terkait rumah susun, sosialisasi peraturan-peraturan rumah susun, audiensi ke berbagai instansi pemerintah, serta menyalurkan aspirasi anggotanya.

Di samping masalah IPL (Iuran Pengelolaan Lingkungan) dan  Pembentukan PPPSRS, kata dia, salah satu persoalan strategis yang dihadapi para pengurus PPPSRS dalam periode kepengurusan ini adalah masalah penetapan tarif listrik di rumah susun yang selama ini belum diatur.

“Untuk itu, DPP P3RSI tidak tinggal diam, pengurus secara proaktif melakukan koordinasi dengan Kementerian ESDM. Dan hasilnya dalam waktu dekat akan ada Peraturan Menteri yang mengatur tarif listrik rumah susun baik hunian maupun non hunian,” tandas Mualim.

Disambut baik

Sementara itu, Eddy Hussy Ketua Umum DPP REI  menyambut baik  kehadiran P3RSI  guna memberikan semangat sinergisitas. Dengan adanya organisasi ini, REI  berharap terjalin komunikasi yang harmonis antara penghuni dan pengembang, serta antara penghuni dengan penghuni lainnya dalam rusun termasuk lingkungannya, sehingga seluruh aset yang dibangun oleh pengembang dapat terpelihara dengan baik.

“Tidak hanya itu, dengan adanya pengelolaan yang berstandarisasi, maka nilai aset yang kami kembangkan menjadi lebih terjamin. Simbiosis mutualisme antara pengembang dengan PPPSRS ini tentu diharapkan dapat terus berkembang secara baik demi kepentingan semua pihak,” tutur Eddy di hadapan peserta munas.

Eddy menambahkan, tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan rumah susun tidak hanya dari aspek teknis perawatan gedung, namun juga dinamika yang timbul karena melibatkan beragam kepentingan material maupun non-material antara lain interaksi sosial antara penghuni dan pengelola.

“Namun, dengan semangat dan kegigihan serta keseriusan, yakinlah bahwa tidak ada tantangan yang tak dapat diatasi. Selama kita semua bekerja dengan hati dan diimplementasikan optimal maka manfaat dari kehadiran P3RSI tentu akan dapat kita semua rasakan,” tegas Eddy. (Yudi GB)

 

Add comment


Security code
Refresh

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Advertorial

Topik :
Real Estate
Promosikan Iklan anda dengang text Ads di konsumenproperti.com.

Perumahan Indah
Perumahan Indah dengan taman yang mempesona

Ads by KonsumenProperti

Home | Liputan Khusus | Konsultasi | Komplain | Residensial | Komersial | Bisnis terkait | Infrastruktur
Pembiayaan | Figur | Sengketa | Kolom | Tips | Redaksi | Regulasi | Editorial | Iklan Kolom| Umum | Advertorial