Lippo Cikarang Perbanyak Akses Jalan Tol

0
Foto: kompas.com

KonsPro (15/4) JAKARTA – AKSES  jalan tol  menuju kawasan Lippo Cikarang diperbanyak terkait dengan semakin meningkatnya pertumbuhan kawasan residensial dan komersial di tempat tersebut serta dekatnya dengan kawasan industri.

Division Head Project Management PT Lippo Cikarang Alexander Sananto mengatakan penambahan akses tersebut akan dilakukan dalam dua tahap hingga diperkirakan selesai pada akhir 2012. Tahap pertama adalah pembangunan akses tol sampai kawasan Lippo Cikarang sepanjang 1,2 kilometer.

“Tahap pertama diperkirakan selesai pada tahun ini, karena sekarang proses pembangunan telah mencapai 20%. Total investasi yang dikucurkan dalam keseluruhan proyek ini mencapai sekitar Rp150 miliar,” ujar Alexander kepada pers di Jakarta, hari ini.

Sedangkan untuk tahap kedua, dia mengatakan, pihaknya akan membangun jalan antar kawasan yang menghubungkan Lippo Cikarang dengan kawasan industri lainnya seperti Jababeka. Selain itu, sambungnya, pembangunan akses akan berguna untuk mengurai kemacetan sehingga transportasi produk tak terganggu.

Alexander juga memaparkan dengan penambahan akses tol ke Lippo Cikarang diperkirakan terjadi peningkatan nilai investasi dan usaha secara signifikan. Apalagi, sambungnya, melihat posisi Lippo Cikarang sendiri yang potensial karena berbasis ekonomi industri.

“Lippo Cikarang dikenal sebagai integrated township dengan pelbagai fasilitas berkelas yang tersedia dengan konsep keluarga. Apalagi di kawasan yang berbasis ekonomi industri ini, telah bergabung jajaran industri kelas dunia,” ujarnya.

Syukurman Larosa, Marketing & Sales Division Head PT Lippo Cikarang, mengatakan akses menuju Lippo Cikarang yang semula terdapat pada kilometer 28 akan segera memiliki alternatif baru yakni kilometer 34,7.

Menurut dia, penambahan akses tol tersebut akan membawa perkembangan untuk Lippo Cikarang sendiri, misalnya pesatnya bangunan residensial. Syukurman mencontohkan saat ini pihaknya telah membangun sejumlah kluster baru yakni Greenwood dan Florencia di kawasan mega kluster Elysium Residence.

“Selain itu, telah hadi satu pusat gaya hidup yang berkonsep street mall yakni Lippo Cikarang Citywalk. Kami juga merencanakan untuk meluncurkan produk kluster residensial baru ‘Oakwood’ dengan segmen kelas menengah atas. Ini akan menjadi kluster ke enam dari Elysium Residence pada kawasan seluas 126 hektare,” ujarnya.

Selain itu, urainya, pelbagai aktivitas di Lippo Cokarang ditopang oleh ketersediaan pelbagai fasilitas yang meliputi sekolah, rumah sakit bertaraf internasional, mal, pasar modern hingga perbankan. Posisi kawasan tersebut juga dinilai strategis karena berada di antara dua kota yakni Jakarta-Bandung di mana sepanjang koridor ruas tol Cikampek-Cibitung, Cikarang hingga Cikampek-telah hadir perusahaan otomotif skala besar. Di antaranya adalah Honda Prospect Motor, Toyota Auto 2000, Nissan, Proton dan KIA.

Oleh karena itu, lanjut Syukurman, perluasan akses tol itu akan mampu mengembangkan bisnis di kawasan tersebut karena terjaminnya kelancaran transportasi sehingga produksi menjadi lebih baik. Selama ini, sambungnya, yang kerap terjadi adalah terganggunya arus transportasi produk dari satu pabrik  untuk memasuki jalan bebas hambatan. (bisnis.com)