Kewajiban Penyewa Apartemen

KonsPro (10/08/2016), JAKARTA - ANDA  punya masalah hukum di bidang properti? Kirimkan pertanyaan Anda di email Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya atau Hubungi HP 0817188355. Sertakan alamat, dan indentitas yang jelas, kami akan segera menjawab pertanyaan Anda.

Pertanyaan:

Dear Pak Erwin Kallo

Perkenalkan nama saya Wayan, berumur 37 tahun, seorang karyawan swasta, kebetulan saya penyewa apartemen di daerah Jakarta Barat. Hal yang ingin saya tanyakan adalah, apakah selaku penyewa atas unit apartemen berkewajiban membayar Service Charge dan Sinking Fund?Apakah saya berhak untuk mengikuti rapat umum yang diadakan Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS)?

 

Wayan, Jakarta

Jawaban:

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Wayan, atas pertanyaannya baik yang ini. Dewasa ini, tren tinggal di apartemen makin marak, tidak hanya untuk gengsi dan menunjukkan status sosial. Tetapi sebagian kaum urban, khususnya profesional muda, tinggal di apartemen yang umumnya di tengah kota adalah kebutuhan yang tak terelakkan, mungkin seperti ibu alami.

Menyimak dari pertanyaan ibu, setidaknya ada 2 point yang ingin ibu ketahui, yaitu:

 

  1. Apakah selaku penyewa anda juga berkewajiban membayar Service Charge dan Sinking Fund?
  2. Apakah anda juga berhak menghadiri rapat umum yang diadakan oleh penghimpun? Rapat umum yang dimaksud saya artikan sebagai Rapat Umum Anggota Atau Rapat Umum Tahunan.

 

Menjawab pertanyaan pertama, Ibu Wayan dapat dikatakan sebagai penyewa, karena adanya suatu hubungan hukum dengan pemilik unit yang ibu tempati. Telah terjadi atau telah dilaksanakannya perjanjian sewa menyewa atas unit apartemen.

Di dalam perjanjian tersebut terdapat hak dan kewajiban yang harus dipenuhi masing-masing pihak (Pihak Penyewa dan Pihak yang Menyewakan). Tentunya ada pembicaraan terlebih dahulu antara pihak mengenai hal yang mana yag akan menjadi Hak dan Kewajiban, termasuk pihak mana yang bertanggung jawab atas pembayaran iuran Service Charge dan Sinking Fund.

Apabila Pihak Pertama sepakat untuk bertanggung jawab atas pembayaran Service Charge dan Sinking Fund, maka hal tersebut akan tertuang/tertulis di dalam Perjanjian Sewa Menyawa tersebut. Tentunya ada untung dan rugi yang dirasakan oleh masing-masing Pihak, apabila salah satu Pihak bersedia untuk menanggung hal tersebut.

Jika Pihak Pertama yang menanggung pembayaran Service Charge dan Sinking Fund, harga sewa atas unit yang harus dibayarkan kepada pihak pertama oleh pihak kedua akan menjadi tinggi (mahal).

Sebaliknya, apabila Pihak Kedua yang bersedia untuk menanggung hal tersebut, maka harga sewa atas unit yang harus dibayarkan akan menjadi rendah (murah). Saran saya, agar Ibu Wayan melihat kembali Perjanjian Sewa Menyewa terhadap unit Pihak Pertama. Jika tidak terdapat dan Ibu Wayan merasa dirugikan atas hal itu, sebaiknya Ibu Wayan segera menghubungi Pihak Pertama untuk melakukan revisi terhadap Perjanjian Sewa Menyewa tersebut.

Menjawab pertanyaan Kedua, biasanya di dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PPPSRS diatur mengenai peserta yang berhak untuk menghadiri Rapat Umum. Dalam praktiknya yang menghadiri Rapat Umum adalah Para Pemilik atau orang yang diberikan Kuasa oleh Pemilik untuk hadir dan menggunakan hak suaranya untuk pemilihan.

Pemilik sarusun berhak dan wajib untuk mengikuti Rapat Umum dikarenakan memiliki Serifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun (SHM Sarusun). Di dalam SHM Sarusun tersebut terdapat Nilai Perbandingan Proporsional (NPP) yang menunjukan persentase hak kepemilikan seseorang atas bagian Bersama, Benda Bersama dan Tanah Bersama. NPP tersebut yang menjadi dasar perhitungan apabila di dalam sebuah Rapat Umum terjadi voting.

Berbeda halnya apabila diadakan rapat oleh Perhimpunan dalam hal pembahasan tata tertib penguhunian (House of Rule). Dalam rapat tersebut tidak membutuhkan perhitungan berdasarkan NPP, tetapi berdasarkan one man one vote. Ibu Wayan bisa saja menghadiri Rapat Umum yang diadakan oleh Perhimpunan Tersebut, asalkan Pemilik unit yang Ibu tempati memberikan Surat Kuasa kepada Ibu untuk menghadiri Rapat Umum tersebut. Demikian yang bisa saya sampaikan. Terima Kasih.

Add comment


Security code
Refresh

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Advertorial

Topik :
Real Estate
Promosikan Iklan anda dengang text Ads di konsumenproperti.com.

Perumahan Indah
Perumahan Indah dengan taman yang mempesona

Ads by KonsumenProperti

Home | Liputan Khusus | Konsultasi | Komplain | Residensial | Komersial | Bisnis terkait | Infrastruktur
Pembiayaan | Figur | Sengketa | Kolom | Tips | Redaksi | Regulasi | Editorial | Iklan Kolom| Umum | Advertorial