Pentingnya BM Blusukan

KonsPro (2/10) - SESUAI dengan namanya, maka tugas pokok dari Badan Pengelola adalah merawat/memelihara bangunan yang umumnya gedung bertingkat. Secara sederhana, pemeliharaan bangunan gedung diklasifikan menjadi 2 macam yaitu: pemeliharaan rutin dan pemeriharaan remedial/ perbaikan. Pemeliharaan rutin adalah pemeliharaan yang dilaksanakan dengan interval waktu tertentu untuk mempertahankan gedung pada kondisi yang diinginkan/sesuai. Contohnya pengecatan dan pembersihan dinding luar/dalam, perbaikan dan penggantian komponen yang rusak, pengecekan fungsi-fungsi fasilitas dan benda-benda bersama, dan lain sebagainya.

Sedangkan pemeliharaan remedial adalah pemeli-haraan perbaikan yang dapat diakibatkan oleh: kegagalan teknis/ manajemen, kegagalan konstruksi dan desain, serta kegagalan dalam pemeliharaan.

Salah satu kendala utama yang dihadapi dalam pemeliharaan sebuah gedung adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM). Dimana pada umumnya SDM di lapangan kurang disiplin, malas dan tidak teliti dalam menjalankan tugasnya. Sikap-sikap kurang terpuji ini dapat mengakibatkan kerugian bahkan membahayakan keselamatan penghuni/tenant dalam sebuah gedung.

Bayangkan saja, jika seorang petugas pencatat/ pengecek meter penggunaan air dan listrik kadang-kadang mengecek dengan hanya menebak berdasarkan pemakaian bulan-bulan sebelumnya, mungkin karena malas atau jenuh. Ini akan merugikan pihak pengelola bila  terjadi kekurangan pencatatan, sebaliknya merugikan tenant bila kelebihan pencatatan pemakaian.

Yang lebih membahayakan bila petugas engineering lalai dalam pengecekan fasilitas-fasilitas safety, operasional mesin, atau lift.  Jika mereka tidak patuh dengan SOP (standard operating procedure) yang ditetapkan, maka dapat menimbulkan musibah atau kecelakaan. Misalnya, mereka seharusnya secara rutin jam per jam memastikan mesin atau komponen berfungsi dengan normal, tapi hanya dikontrol 3 jam sekali.

Monitoring

Dalam konteks ini, aspek monitor-ing dari atasan terutama building manager (BM) sangat penting. Sebab pekerjaan pengelolaan gedung itu lebih banyak menyangkut rutinitas, sehingga harus selalu diawasi. Karyawan atau petugas di lapangan harus sering-sering diingatkan dan diberikan motivasi agar mereka tidak teledor dalam menjalankan tugasnya.

Di sinilah urgensi seorang BM untuk sering-sering turun langsung ke lapangan atau istilah yang sedang tren saat ini blusukan, untuk memastikan semua operasional gedung berjalan sebagai bagaimana mestinya (sesuai dengan SOP). BM harus bisa memotivasi, memonitor dan memberikan teladan kepada semua karyawannya.
Sebab meski job description dan SOP sudah jelas, tapi itu tidak menjamin mereka menjalankan sesuai harapan manajemen. Seperti anak sekolahan yang sudah dibekali buku teks, apakah mereka mau belajar (baca buku) kalau tidak ulangan? Karena itu kontrol BM sangat penting dilakukan.

Sebelum turun ke lapangan, sebaik-nya BM memastikan dulu, apakah SOP yang dibuat sudah dijalankan atau tidak? Mengenai hal itu dapat dicek dari laporan harian mereka ke chief masing-masing. Dari situ dapat dilihat hal-hal yang masih belum berjalan sesuai harapan.

Idealnya, BM turun ke lapangan itu setiap hari, dan sebaiknya pagi saat baru datang, sekaligus memberi contoh kepada karyawan lain. Disarankan tempat yang pertama dicek adalah ruang kontrol, kare-na dari situ kita dapat mengetahui segala hal selama satu hari kemarin. BM bisa tanya kepada petugas engineering kejadi-an apa saja yang terjadi semalam dan apa kendalanya. Dari ruang kontrol juga, BM dapat memantau cara kerja semua unit lokasi per lokasi. Hasil pantuan tersebut sekaligus sebagai bahan BM pada saat morning briefing.

Di samping itu, blusukan juga bisa dilakukan sewaktu-waktu (spontan) tanpa pemberitahuan, dengan begitu semua unit kerja harus siap setiap saat, karena mereka merasa selalu diawasi oleh atasan.

Dengan blusukan, BM jadi tahu hal-hal yang sebelumnya dia tidak tahu. Sehi-ngga tidak hanya menerima laporan dari bawah saja, dimana anak buah cenderung melaporkan hal-hal baik saja.  Jika kerja-nya bagus, BM jangan sungkan memuji mereka. Beri apresiasi dengan tepuk tangan atau mengacungkan jem-pol, agar mereka merasa ada perhatian dari atasan. Tapi kalau di lapangan mereka melakukan kesalahan, BM harus langsung me-negur, tapi tidak dengan caci maki.

Putar satu tower

Efektifitas blusukan ini secara nyata sudah diterapkan dan dirasakan hasilnya di Kalibata City. Selain blusukan setiap hari, sebagai General Manager Kawasan Kalibata City saya punya program setiap hari Kamis “Putar Satu Tower” mulai dari atas roof sampai lantai bawah (basement). Bersama dengan BM, supervisor (penanggung jawab tower), chief housekeeping, chief engineering, dan safety officer, kami   “menyisir” lantai per lantai mulai dari kebersihan, penerangan, kerapian koridor, sampah, hingga kesiapan fasilitas safety.

Dari program ini, kami ingin memberi contoh dan masukan kepada para BM dan chief bagaimana seharusnya pengelolaan itu dijalankan. Bila ditemukan ada tenant yang membuang sampah sembarangan, langsung kita tegur dengan sopan, dan memberitahu aturan-aturan sesuai house rule yang berlaku. Dari di situ bawahan kita bisa melihat caranya, dan dapat menerapkan dalam tugas sehari-harinya.

Selain pekerjaan di lapangan lebih optimal, dampak positif dari seringnya BM blusukan adalah respon tenant terhadap Badan Pengelola juga akan bagus. Tadinya mereka tidak tahu ada aturan menjadi tahu. Misalnya, ternyata tidak boleh ada sandal dan keset di koridor. Meski itu ada di house rule, tapi mereka tidak baca. Tenant juga melihat kerja nyata Badan Pengelola. Oh! Badan pengelolanya care. Sehingga mereka tidak merasa sia-sia mengeluarkan uang IPL (Iuran Pengelola Lingkungan)  karena gedungnya terawat dengan baik. (Penulis: Rusli, General Manager Kawasan Kalibata City)

Add comment


Security code
Refresh

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Advertorial

Topik :
Real Estate
Promosikan Iklan anda dengang text Ads di konsumenproperti.com.

Perumahan Indah
Perumahan Indah dengan taman yang mempesona

Ads by KonsumenProperti

Home | Liputan Khusus | Konsultasi | Komplain | Residensial | Komersial | Bisnis terkait | Infrastruktur
Pembiayaan | Figur | Sengketa | Kolom | Tips | Redaksi | Regulasi | Editorial | Iklan Kolom| Umum | Advertorial