Ketertiban dalam Trade Center

0
1

KonsPro (18/03) – ANDA  punya masalah hukum di bidang properti? Kirimkan pertanyaan Anda di email redaksi@konsumenproperti.com. Sertakan alamat, dan indentitas yang jelas, kami akan segera menjawab pertanyaan Anda.

Pertanyaan:

SAYA adalah pemilik salah satu kios dan berdagang di salah satu trade center di daerah Jakarta Pusat. Beberapa waktu yang lalu saya ada permasalahan dengan sesama pedagang yang berdekatan, jaraknya sekitar  4 meter atau hanya berjarak dua kios saja. Produk yang kami jual adalah sama yaitu pakaian.

Permasalahannya timbul pada waktu pedagang itu baru membeli seperangkat tape lengkap dengan sound system yang mengeluarkan suara yang cukup keras. Setiap saat suara musik yang keluar dari kios pedagang tersebut selalu menggangu saya dan para pedagang lain.

Saya telah beberapa kali komplain ke pedagang tersebut, tetapi tidak diacuhkan dan saya juga komplain ke pengelola juga tidak ada tanggapan yang berarti. Apa yang harus saya perbuat karena hal ini sudah sangat mengganggu sekali. Mohon penjelasan dari Bapak.

Ferol Frend Hetaria, Jakarta Pusat (DKI Jakarta)

MENYIMAK persoalan Bapak Ferol, saya dapat memahami keresahan Bapak sebagai pemilik sekaligus pedagang di pusat perdagangan tersebut. Sebelum menjawab pertanyaan Bapak, mungkin Bapak masih ingat pada waktu pertama kali Bapak menerima kios tersebut dari pengembang.

Pada saat itu, pengembang memberikan  Bapak buku panduan yang berisikan tata tertib (Tatib) bagaimana seharusnya berdagang di situ. Misalnya berapa jarak yang diperbolehkan untuk memajang produk Bapak? Berapa desibel suara musik yang diperbolehkan? Jam berapa buka dan tutup kios? Dan banyak ketentuan-ketentuan lainnya yang harus dipatuhi oleh tenan dan pedagang. Itu semua harusnya ada dalam buku panduan tersebut.

Saya sarankan Bapak untuk mendatangi pihak pengelola dengan membawa Buku Panduan tersebut dan mempertanyakan mengapa pihak pengelola tidak menjalankan aturan yang telah dibuatnya sendiri. Atau jangan-jangan pihak pengelola belum membuat ketentuan-ketentuan tersebut. Demikian penjelasan saya semoga bermanfaat.