Kemenpera Optimis Pembahasan RUU Tapera Dilanjutkan

0
4
Ilustrasi

KonsPro (14/10/2014), JAKARTA – Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) optimis pembahasan Rancangan Undang-Undang Tentang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) akan dilanjutkan oleh anggota DPR periode 2014-2019. Pasalnya, RUU tersebut dinilai sangat penting untuk mendukung tersedianya dana murah jangka panjang bagi sektor perumahan. Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Pembiayaan Kemenpera, Sri Hartoyo dalam rilisnya, beberapa waktu lalu.

Hartoyo menyatakan optimis pemerintahan yang akan datang serta para anggota DPR periode 2014-2019 akan melanjutkan pembahasan tentang RUU Tapera, sebab pada pembahasan RUU Tapera sebelumnya, belum ada kesepakatan mengenai besaran jumlah iuran yang harus dibayar masyarakat maupun pemerintah serta pemberi kerja khususnya di sektor swasta.

Besaran iuran tersebut dinilai penting mengingat nantinya akan diketahui berapa besar kisaran dana Tapera yang akan terkumpul untuk pembangunan perumahan rakyat.

Dengan Adanya UU Tapera ke depan, imbuh Sri Hartoyo, akan sangat membantu pemerintah dalam penyediaan dana murah jangka panjang khususnya untuk meningkatkan program perumahan rakyat. “Pemerintah tidak perlu memikirkan berapa alokasi dana APBN untuk sektor perumahan karena dana Tapera bisa dikumpulkan dari dan untuk masyarakat itu sendiri,” katanya.

Saat ini program perumahan rakyat, lanjutnya,  masih tergantung pada besaran alokasi APBN sehingga tidak dapat mengatasi pemenuhan rumah rakyat karena anggarannya sangat terbatas. (Rifat)