Jokowi: 2015 Ekonomi Indonesia Lebih Baik

0
0
Pembukaan perdagangan saham 2015 oleh Presiden Jokowi (Antara/Puspa Perwitasari)

KonsPro (2/3/2015), JAKARTA – DALAM sambutannya pada pembukaan perdagangan saham awal tahun 2015, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat 2 Januari, menyatakan optimis ekonomi Indonesia di tahun 2015 ini akan meningkat lebih baik, dibanding tahun 2014.

Optimisme Jokowi ini didasari adanya pengalihan subsidi BBM pada 2014 lalu, sehingga peluang peningkatan ekonomi akan lebih banyak. Karena dengan pengalihan subsidi tersebut pemerintah dapat melakukan pembangunan infrastruktur lebih banyak di berbagai daerah di Indonesia.

Ruang fiskal Indonesia, kata presiden, semakin longgar untuk tahun ini dengan adanya jumlah Rp240 triliun dari pengalihan tersebut.

“Sekarang ini ruang fiskal kita jauh lebih baik dan ada kira-kira ruang Rp 240 triliun yang bisa kita gunakan untuk secepat-cepatnya membangun infrrastruktur. Baik yang berkaitan dengan waduk, irigasi, jalan tol dan jalur kereta api di luar Jawa, pelabuhan airport semuanya. Uang itu akan konsentrasi di sana,” tandas presiden kepada sejumlah awak media.