IPE Intisari Perenungan Panjang DR (HC). Ir. Ciputra

0
Dok. Ciputra.com

JAKARTA – Dalam bisnis properti, nama DR (HC). Ir. Ciputra bukan hal yang asing, beliau adalah pelopor dalam industri real estate di Indonesia.

Sejak tahun 60-an DR (HC). Ir. Ciputra sudah menjadi bagian dari pembangunan real estate di Indonesia dengan mendirikan Jaya Group bersama Pemerintah DKI. Kemudian di tahun 70-an bersama rekan-rekannya mendirikan Metropolitan Group.  Dan di tahun 80-an bersama keluarga mendirikan Ciputra Group, yang hingga kini sudah membangun hingga 40 kota di seluruh Indonesia, serta beberapa kota Asia.

Itu berarti, lebih dari 5 dekade, Sang Begawan Real Estate Indonesia ini turut membangun Indonesia melalui cipta karyanya. Dan lewat “tangan dinginnya” beberapa proyek fenomenal dibangun yang hingga sekarang menjadi icon dan role model keberhasilan pengembangan proyek properti, di antaranya Pasar Senen, Taman Impian Jaya Ancol, Perumahan Pondok Indah, Perumahan Bintaro, CitraGarden City, Citra Raya Tangerang, CitraLand Surabaya, Ciputra Hanoi International City, Grand Phnom Penh International City, dan Grand Shenyang Internationl City.

Sukses yang diraih DR (HC). Ir. Ciputra tidaklah diraih dengan mudah. Berbagai tantangan dan rintangan sudah dialami. Kisah-kisah kesuksesan dan kegagalan silih berganti menghampirinya, namun pria kelahiran Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931 tetap tegar dan selalu punya cara keluar dari masalah yang dihadapinya.

Baca juga: CitraLand Puri Serang Keluarkan Tipe Baru di Tengah Tren Pasar Naik

Bagi DR (HC). Ir. Ciputra, integritas dan komitmen dalam pekerjaannya adalah hal utama yang akan menjadi modal merebut kepercayaan konsumen. Dia memilih untuk tetap tinggal dan menyelesaikan satu per satu masalahnya. Hasilnya kini brand Ciputra salah satu merek dagang terpercaya dan diberikan penghargaan (diakui) oleh lembaga-lembaga kredibel baik dalam maupun luar negeri.

Misalnya saja, Millward Brown merilis Top 50 Most Valuable Indonesian Brands dan Ciputra Group di peringkat 20 dari seluruh industri dan sebagai peringkat pertama di industri real estate, dengan total nilai brand 484 juta dollar Amerika. Kemudian Forbes Indonesia mencatat Ciputra Group dalam 50 Best of the Best Emiten Indonesia di peringkat ke-7 (tiga tahun berturut-turut).

“Selama ini saya memperhatikan bahwa dunia properti memiliki siklusnya tersendiri, ibarat cross country runner, dunia properti akan menghadapi berbagai rintangan serta jalan yang berliku naik dan turun. Lalu apa yang dapat membuat kita dapat terus berlari dengan semangat, serta mampu melampaui semua itu?,” kata DR (HC). Ir. Ciputra dalam satu kesempatan di hadapan para direksi dan karyawan Ciputra Group.

IPE

Perenungan panjangnya, DR (HC). Ir. Ciputra menyimpulkan bahwa Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship (IPE) menjadi fundamental dalam berpikir, bergaul, dan berkarya selama berpuluh-puluh tahun. IPE  DR (HC). Ir. Ciputra mengaku dapat melalui perjalanan panjang penuh tantangan, naik, dan turun.  

Seperti yang ditulis dalam bukunya, “The Passion of My Live” DR (HC). Ir Ciputra menjabarkan, Entrepreneur dicirikan antara lain dari passion, semangat, peka, kreatif, punya mimpi, dan berpikir out of the box.

Lalu pekerjaan dilakukan secara profesional dalam arti penuh idealisme, dengan memelihara kualitas berstandar tinggi. Lihatlah berbagai proyek Ciputra Group, selalu memberikan fasilitas jalan dan taman yang luas, lengkap dengan patung dan benda-benda bernilai seni.

Baca juga: Pascapemilu, Tren Pencarian Rumah Naik 15 Persen

Kemudian soal integritas, beliau sudah buktikan ketika terpuruk karena dihantam krisis moneter tahun 1998. Beliau menghadapi secara langsung satu per satu pihak bank dan para supplier yang menagih utangnya yang tiba-tiba membengkak belasan kali lipat karena rupiah anjlok terhadap mata uang asing.

Dok. Propertiterkini.com

Ia tidak lari  ke luar negeri seperti beberapa pengusaha kaya lainnya. Ciputra ikhlas melego asetnya. Tapi dengan IPE yang menjadi filosofi bisnisnya, ia cepat bangkit, bahkan anak-cucunya yang tidak dididik secara manja, juga menjiwai IPE, sehingga Ciputra Group beserta berbagai yayasan seni, sosial, olahraga, yang didirikan DR (HC). Ir. Ciputra dan keluarganya, semakin berkibar.

Berdasarkan pengalaman hidup tersebut, dia kemudian menyimpulkan bahwa IPE harus menjadi pegangan tetap nilai-nilai utama Ciputra Group, dan IPE harus dapat diwujudkan dalam tindakan dan pekerjaan sebagai sesuatu yang menyatu dan utuh. Bila IPE diimplementasikan secara utuh, terintegrasi, dan berkesinambungan, Pak Ci (begitu ia akrab disapa) berkeyakinan Ciputra Group akan terus berjaya sebagai pengembang terpercaya di mata seluruh stakeholders.

“Saya simpulkan tidak ada pilihan lagi selain memadukan Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship secara utuh, tidak sepotong-sepotong dan harus terus menerus dari top management sampai yang operasional. Inilah yang sedang dan akan selalu kami lakukan di Ciputra Group,” tegas DR (HC). Ir. Ciputra.

Penulis: Erlan Kallo