Ini Dia Gedung Parkir Rendah Emisi Karbon

0
2
Foto: www.inhabitat.com

KonsPro (04/08/2016) – JIKA Anda pernah berjalan-jalan di tengah kota tersibuk di distrik Izmir, Turki, mampirlah ke sebuah gedung yang berfungsi khusus sebagai garasi mobil. Menariknya, gedung yang terdiri dari 11 level (lantai) itu mampu menampung 280 mobil. Namun bukan hanya itu yang membuat garasi canggih ini istimewa. Gedung ini dipercaya mampu mengurangi emisi karbon.

Bila hal tersebut benar, tentunya gedung ini penting kita pelajari dan mengimplementasikan di kota-kota besar Indonesia, yang memang salah satu isu penting adalah tingginya emisi karbon yang dapat menggang-gu kesehatan masyarakat.

 

Adalah BRN Arsitek ditunjuk sebagai arsitek di balik kecanggihan garasi itu. Struktur bangunan yang ramah lingkungan menjadi point pertama dalam hal mengurangi emisi karbon. Gedung garasi dibuat dari konstruksi baja dan merupakan gedung tertinggi di Izmir. Canggihnya gedung ini dapat memarkirkan empat kendaraan secara otomatis dan bersamaan dengan masing-masing mobil yang diparkir hanya dalam tiga menit saja.

 

Mobil-mobil diangkut dengan lift otomatis. Berbeda dengan garasi atau tempat parkir pada umumnya, paparan emisi karbon yang dilepaskan dari kendaraan di gedung garasi ini lebih sedikit berkat dinding pemisah yang tebal dan segala komponennya yang canggih.

Untuk membuat suhu di dalam gedung tetap sejuk, pendingin udara dipasang pada bagian bawah gedung. Sementara pada bagian atas-nya tidak dipasang pendingin udara melainkan memanfaatkan kecang-gihan desain agar suhu lebih konsis-ten secara alami.

Gedung parkir ini berada di persimpangan tiga jalan utama yang terkenal dengan kemacetan dan polusi udara tingkat tinggi. Gedung garasi ini diharapkan menjadi solusi dari dua masalah tersebut. Keber-adaannya mendorong warga untuk memarkirkan kendaraan dan memilih untuk berjalan kaki di pusat kota.

Warga yang hendak memar-kirkan kendaraannya hanya dapat memasuki lantai dasar gedung. Pintu masuk-keluar kendaraan dan manu-sia dirancang mengaplikasikan warna tenang untuk menarik orang di jalan. Sangat inspiratif. (Reza/inhabitat.com)