Budiarsa Sastrawinata: CitraRaya Ingin Terdepan Dalam Sustainable Development

KonsPro (14/8) JAKARTA - SEIRING semakin langkanya gas dan minyak di dunia , mendorong banyak pengembang untuk berinovasi menciptakan produk-produk bermutu yang ramah lingkungan, hemat dan efisien. Juga efek global warming yang mengancam dunia semakin nyata , kita semua dituntut untuk peduli lingkungan, memanfaatkan hal-hal yang mudah didapat di sekitar kita menjadi bermanfaat besar.

Karena itu, sustainable development (pembangunan berkelanjutan) yang mengedepankan aspek ramah lingkungan (eco friendly) pengem-bangan proyek perumahan merupakan hal yang tak dapat ditawar lagi. Sebagai proyek skala kota, CitraRaya dibangun secara sustain (berlanjut), terutama dari tiga sisi sosial, lingkungan dan ekonomi.

Menurut Presiden Direktur PT Ciputra Residence, Budiarsa Sastrawinata, hal ini dilakukan untuk menjaga jangan sampai kualitas lingkungan di CitraRaya mengalami penurunan, lebih jauh bahkan harus diting-katkan, agar semua stakeholder CitraRaya menikmati peningkatan kualitas hidup.

Apa saja konsen dari sustainable development yang dijalankan CitraRaya Tangerang? Berikut ini dibincang-bincang redaksi dengan Budiarsa Sastrawinata.

Memasuki semester dua tahun 2011, CitraRaya gencar menjalankan konsep pembangunan berwawasan lingkungan yang berkesinambungan. Sebenar apa tujuan dari program ini?

Apa yang kita lakukan selama ini sebenarnya adalah embrio untuk menuju apa yang kita inginkan dalam program sustain-able development. Momentum semester kedua  ini adalah untuk mensinkronkan dari apa yang selama ini kita kerjakan, khusus-nya di bidang Economical Sustainability, Social Sustainability, dan Environmental sustainability. Program ini merupakan upaya rebranding untuk memperkuat atau mengakselerasi program-program tadi, biar lebih cepat terwujud. Kita ingin program ini berdampak positif terhadap habit (kebiasaan), gaya hidup, bahkan culture semua pemangku kepentingan komunitas CitraRaya (developer, warga, pengusaha/pedagang, pemerintah daerah, dan masyarakat sekitarnya).

Dari sisi warga, apa yang bisa dilakukan untuk menyukseskan program sustainability ini?

Yang paling gampang dapat dilakukan warga adalah dari sisi lingkungan, dengan menjaga kebersihan dan merawat ling-kungan. Sustainable development dapat segera terwujud jika ada peran serta aktif dari warganya. Misalnya kita buat lintasan sepeda, tapi kalau tidak ada yang pakai percuma. Kita him-bau bahwa ling-kungan yang asri itu akan meningkatkan kualitas lingkungan, kualitas hidup karena lebih sehat, tapi kalau ternyata sebagian warga tidak suka pohon, kan percuma. Nah ini yang akan kita tata ke depan.

Jadi kebiasaan warga kita secara umum masih sulit untuk diajak di situ (eco culture)?

Sebetulnya semua itu harus disampaikan dengan tepat dan benar, dan bisa dimengerti agar sosialisasinya efektif. Menurut saya, ini karena belum semua warga menyadari, sehingga tidak merespon secara positif. Tapi kalau mereka menyadari, bahwa pada akhirnya mereka jugalah yang akan menikmati benefit-nya, saya yakin warga akan melakukannya dengan penuh kesadaran. Sebab pada hakekatnya kita semua itu menginginkan hal yang baik. Jadi anggapan bahwa warga kita apatis itu tidak benar. Developer akan menjadi lokomotif untuk perubahan ke arah lebih baik.

Arti developer ingin mulai dahulu agar diikuti warga?

Betul. Kita tunjukkan program yang kita jalankan itu demi kebaikan bersama. Mudah-mudahan warga bisa melihat good will (niat baik) pengembang CitraRaya. Sustainable development menggunakan semua resources yang lebih efisien dan lebih ramah lingkungan. Ini sudah menjadi tren global yang mau tidak mau harus kita ikuti. Itu tidak bisa dipungkiri, cepat atau lambat CitraRaya harus ke sana. Nah CitraRaya ingin berada di garis depan dalam hal sustainable development yang eco friendly (ramah lingkungan).

Menurut anda sekarang ini CitraRaya sudah dalam tahap apa?

Secara embrionya, eco culture di CitraRaya sudah dimulai, tinggal ke depan coba kita tingkatkan kembali kesadaran stakeholder. Karena tren isu yang lagi digulirkan adalah eco friendly yang harus kita tanggapi dengan baik.  Dan sejatinya ini sangat penting dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan hidup kita ke depan. Karena itu, selain pengembang, peran warga sebagai stakeholder juga harus mendukung.

Apa target jangka pendek program ini?

Tahun ini target kita adalah pembenahan lingkungan secara total, agar  lebih hi-jau, lebih bersihan, dan pengurungi polusi. Management akan bikin jalur-jalur sepeda, dengan harapan warga mau mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Kita akan buat parkir sepeda di beberapa titik public area. Dari sisi kebersihan kita akan bangun pengelolaan sampah terpadu, sekaligus pembuatan kompos dan pembibitan.  Saat ini (Juli 2011) kita sedang bangun instalasinya, dan ditargetkan pada Agustus telah beroperasi satu unit.

Bagaimana dengan program konservasi air?

Untuk menjaga ketersediaan air tanah, secara rutin telah dibuat biopori untuk penyerapan air ke dalam tanah di pedestrian, jalur hijau dan open space. Di samping itu, kita juga membuat grist trap di semua area ruko. Grist trap adalah wadah penyaringan/pengurai kotoran minyak/ lemak sebelum limbah air terutama dari restoran masuk ke danau.

Dalam jangka panjang, apa bayangan manajemen CitraRaya, mengenai bentuk akhir dari  kota mandiri ini?

Kita berharap ini menjadi sustainable development. Dan yang paling penting dari program ini, jika mendapat sambutan dari warga sehingga kita dapat melakukannya secara efektif. Disamping itu, ada hal-hal tertentu yang melibatkan pihak luar, dalam hal ini pemerintah yang bisa memayungi secara nasional. Sebab dalam kegiatan ini juga menyangkut dengan kebijakan pemerintah, dalam bentuk aturan ataupun insentif dari kegiatan yang memang sejalan dengan program pemerintah dalam rangka peningkatan kualitas hidup dari warga.

Ke depan apa konsep produk eco friendly, terutama perumahan yang akan dikembangkan CitraRaya?

Selaras dengan program sustainability, kita juga akan kembangkan produk-produk perumahan yang lebih eco friendly dan environmental friendly dengan memperhatikan pemanfaatan cahaya matahari dan sirkulasi udara luar. Misalnya kalau siang rumah tidak perlu pakai lampu. Desain-desain baru perumahan semua seperti itu.

Kelihatannya pembangunan CitraRaya semakin naik kelas dengan lebih banyak membangun perumahan kelas RE (real estate)?

Dengan meningkatnya kemampuan masyarakat pasti kebutuhannya juga meningkat. Nah sebenarnya kita respon kebutuhan itu. Dan kita mempunyai visi lingkungan ke depan yang lebih maju dari lingkungan sekitar.

Jadi apa saja value-added (nilai tambah) yang akan dikembangkan CitraRaya di masa mendatang?

Pertama kita akan buktikan implementasi dari sustainable development ini. Dengan kita menyatakan di dalam tindakan sehari-hari, agar mendapatkan respon positif dari warga. Dan kalau itu terjadi, maka tidak hanya kenyamanan tinggal didapatkan, tapi harga-harga rumah dan ruko di CitraRaya juga akan meningkat. Jelas ini merupakan value-added yang menguntungkan.

Artinya pengembang serius menjalankan program ini?

Kita yakin bahwa inilah yang harus dilakukan sekarang, tidak menunggu. Kita ingin terdepan dalam hal ini. Supaya yang lain bisa melihat, bahwa ini mempunyai hasil yang sangat positif, bukan hanya untuk proyek (developer), tapi juga untuk warga dan masyrakat sekitarnya. (Erlan Kallo, Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya )

 

Add comment


Security code
Refresh

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Advertorial

Topik :
Real Estate
Promosikan Iklan anda dengang text Ads di konsumenproperti.com.

Perumahan Indah
Perumahan Indah dengan taman yang mempesona

Ads by KonsumenProperti

Home | Liputan Khusus | Konsultasi | Komplain | Residensial | Komersial | Bisnis terkait | Infrastruktur
Pembiayaan | Figur | Sengketa | Kolom | Tips | Redaksi | Regulasi | Editorial | Iklan Kolom| Umum | Advertorial