Februari, Penambahan Kamar Hotel Makassar 50 Persen

0

 

KonsPro 922/03) MAKASSAR –  REALISASI penambahan kamar hotel di Makassar hingga Februari 2011 mencapai 500 unit atau sekitar 50 persen dari permintaan kamar yang diajukan pemerintah kepada asosiasi.

“Pada Februari ini kami sudah merealisasikan 50 persen permintaan pemerintah untuk menambah kamar hotel di Makassar yakni sebanyak 500 kamar,” ujar Ketua PHRI Makassar, Kwandy Salim, di Makassar, Senin.

Ia mengatakan, dengan penambahan kamar hotel tersebut, Makassar dapat menampung pengunjung yang akan menghadiri Visit Makassar 2011. Dituturkannya, hotel yang terbangun di awal tahun 2011 umumnya berklasifikasi bintang dua dan tiga dan hampir seluruhnya telah beroperasi meski kondisi hotel masih dalam tahap pengembangan.

Diprediksi dalam triwulan kedua mendatang, pertambahan kamar hotel akan terus terjadi mengingat Kota Makassar saat ini sudah menjadi pusat kunjungan di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Dari data PHRI, nilai investasi kamar hotel di Makassar hingga Februari telah mencapai Rp100 miliar dan diprediksi pada triwulan selanjutnya akan bertambah.

Kwandy optimistis hingga akhir tahun jumlah kamar hotel di Makassar akan melebihi dari target yang diharapkan pemerintah yakni sekitar 1.500 unit. Ia berharap pesatnya pertumbuhan hotel di Makassar tetap mempertimbangkan standar mutu hotel. PHRI mencatat ada sekitar 10 hotel yang beroperasi saat ini tidak sesuai standar bangunan hotel yang ditetapkan.

Dicontohkannya, hotel yang memiliki lantai basement untuk parkir tidak memiliki pintu darurat dan tidak memiliki ruang terbuka bahkan beberapa dari mereka tidak jarang menjadi penunggak pajak dan retribusi. (Ant.)