Eucalyptus Hunian Sehat dan Nyaman

0

KonsPro (12/8) TANGERANG – SAAT  ini konsumen menengah atas yang berpikiran cerdas lebih menyukai kesatuan lingkungan pemukiman yang lengkap dan modern untuk meningkatkan kualitas hidup.

Dalam memilih tempat tinggal faktor keluarga, kesehatan, ling-kungan dan kualitas hidup, men-jadi aspek yang sangat penting. Konsep smart and green environment inilah yang diusung oleh para pengembang termasuk pengembang kawasan kota mandiri CitraRaya, Tangerang. Untuk itu, dalam setiap kebijakan pengembangan wilayahnya, PT Ciputra Residence selalu mengedepankan peningkatan kualitas lingkungan dan kehidupan penghuninya, termasuk dalam penataan cluster-clusternya.

Konsep hunian hijau harus bermula dari segi arsitektur, yang dalam operasionalnya harus menganut kriteria pelestarian lingkungan. Kuncinya adalah kelapangan ruang serta kelancaran sirkulasi udara dan cahaya alami yang mampu menjaga kualitas seisi rumah dan lingkungannya.

Salah satu type rumah yang dirancang dengan konsep di atas adalah Eucalyptus yang merupakan bagian di dalam Cluster ParkView Residence yang diluncurkan awal 2011.

Eucalyptus ini menghadirkan dua pilihan type, yaitu Eucalyptus (170/200) dan Eucalyptus-2 (182/200). Di dalam cluster berfasilitas lengkap dengan sistem tata lingkungan yang rapi dapat menjadikan nilai kehidupan anda semakin nyata untuk menggapai kenyamanan dan keamanan.

”Rumah-rumah ini memiliki elemen arsitektur yang lebih terbuka. Kami mengutamakan penggunaan bahan material alami yang jauh dari bahan kimia,” ujar Meita Mediawati, Marketing Manager, PT Ciputra Residence. Prinsip hemat energi dan ramah lingkungan yang hadir melalui bukaan-bukaan nan lapangan dan kaca yang luas, menjadi bagian penting.

Cahaya alami lebih banyak masuk melalui bukaan dan jendela yang lebih besar. Untuk mengurangi panas matahari, Eucalyptus juga menggunakan low transmission glass dan cahaya artifisial agar tidak terlalu panas.

Ventilasinya didesain berseberangan agar udara dapat mengalir di dalam ru-mah, sehingga dapat mengurang kelembaban udara. Tata letak ventilasi yang alami ini juga memungkinkan udara segar leluasa mengalir untuk menyejukkan dan menyehatkan seisi rumah.

Hal yang lebih penting dari tata letak jendela dan ventilasi ini, di samping berfungsi mengeluarkan udara panas di dalam rumah, desain ini tentu akan menghemat energi, karena mengoptimalkan cahaya dan udara alami. Bila penghuni mau memasang AC, itu cukup di kamar tidur saja.

Yang menonjol dari rumah type Eucalyptus adalah adanya ruang terbuka yang menghubungkan antar ruang. Kisi-kisi ini didesain dengan pola-pola yang manis dan terbuka, dan bisa dipercantik tanaman merambat. Di samping itu ruang terbuka menjadikan bangunan tidak terlalu tebal, sesuai dengan prinsip rumah tropis.

Untuk melindungi dari terik matahari, type rumah yang laris manis dipasarkan ini juga dilengkapi kanopi, bar horisontal atau vertikal yang telah dirancang secara matang. Kesejukan di luar rumah juga dapat dipertahankan karena banyaknya pepohonan di cluster dan daerah sekitar rumah. Tanaman tersebut menyejukan udara, menyerap CO2 dan mengeluarkan O2, sekalian menyaring debu.

Di luar tapak bangunan, tersedia ruang terbuka hijau yang cukup luas. Jalan-jalannya lebar dengan bahu jalan yang nyaman. Pengembang sedapat mungkin mempertahankan pohon-pohon asli setempat yang besar dan rimbun.

Untuk keluarga yang membutuhkan ketenangan dan tempat istirahat, hunian di kawasan alami dan bebas polusi ini akan meningkatkan kualitas hidup. Apalagi kawasan kota mandiri CitraRaya yang kon-sen terhadap pelestarian lingkungan. Erlan Kallo (erlan@konsumenproperti.com)