Ciputra Minta Pemerintah Realisasikan Tapera

0
2
DR.Ir. (Hc) Ciputra, Istimewa

KonsPro (8/10/2014), JAKARTA – FOUNDER Ciputra Group, DR.Ir. Ciputra menilai selama ini pemerintah kurang perhatian terhadap penyediaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Untuk  dia mendesak pemerintah segera merealisasikan dana perumahan melalui Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Menurut Pak Ci (begitu ia akrab disapa), selama ini penghasilan masyarakat sekitar 11% banyak dihabiskan untuk pembelian barang konsumsi, misalnya untuk pembelian kebutuhan jalan-jalan, pakaian, atau gadget. Ini bukan kebutuhan primer. Sedangkan untuk kebutuhan rumah tidak dipikirkan.

“Karena itu, melalui Tapera inilah, kita berharap masyarakat dapat lebih memperhatikan kebutuhan untuk perumahan dengan mengalokasikan penghasilannya sekitar 5% untuk kebutuhan itu. Sebagian besar masyarakat pekerja belum memperhatikan urusan tersebut saat ini,” kata Ciputra, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dari sekian banyak pekerja, lanjut Ciputra, hanya berapa orang yang sudah memiliki tempat tinggal sendiri saat ini. Sebagian besar malah belum punya rumah.  Dari tahun ke tahun mereka menjadi “kontraktor” (mengontrak rumah) saja.

Di sisi lain, pemerintah juga perlu menjaga agar harga properti tidak mengalami kenaikan yang tidak terkendali. Karena hingga saat ini pemerintah tidak memiliki tabungan tanah, membuat kontrol harga perumahan menjadi sulit dilakukan. (Erlan Kallo)