Cara Hitung Denda Keterlambatan Developer

0
Ilustrasi (Dok. BedForU)

KONSPRO – ANDA  punya masalah hukum di bidang properti? Kirimkan pertanyaan Anda di email konsumenproperti.com@gmail.com. Sertakan alamat, dan indentitas yang jelas, kami akan segera menjawab pertanyaan Anda.

Hodi Mursa Siregar, SH., Praktisi Hukum Properti

Pertanyaan:

Yang terhormat Pak Hodi Mursa Siregar

Pak Hodi, saya Lena ingin menanyakan cara perhitungan terhadap denda keterlambatan atas serah terima unit apartemen dari developer. Dimana yang saya alami pembayaran denda keterlambatan dari developer sering telat saya terima, dan jumlahnya pun saya tidak mengetahui

Berapa sih yang harus developer bayarkan ke saya. Pihak developer sering tidak tepat dalam pembayaran penalti ke saya, padahal nilai apartemen cukup tinggi bagi saya.

Mohon penjelasannya. Terima kasih

Lena, Nana_xxxx@ymail.com

Jawaban:

Ibu Lena terima kasih atas pertanyaannya. Kami berharap jawaban semoga jawaban kami dapat berguna bagi rekan-rekan lain yang mungkin punya permasalahan yang sama.

Untuk menjawab pertanyaan ibu Lena ini, kita harus melihat dari isi surat pemesanan, perjanjian pengikatan jual beli atau perjanjian-perjanjian lain yang ibu telah tanda tangani dan ibu sepakati dengan pihak developer.

Baca juga: Kecewa dengan Kinerja Manajemen Jaya Real Property

Biasanya untuk masalah di dalam perjanjian tersebut sudah tercantum besaran denda keterlambatan yang akan ibu dapatkan dan biasanya besarannya akan dihitung sebagai berikut:

Penjelasan rumus di atas:

Sisa pekerjaan ini biasanya dinilai dari kekurangan pekerjaan yang dilakukan pada unit apartemen milik ibu tersebut yang dihitung mulai dari tanggal jatuh tempo + plus masa tenggang (apabila ada) sampai dengan unit ibu diselesaikan dan diserah terimakan yaitu maksimal 3% (tergantung perjanjian yang telah ditandatangani oleh ibu dan developer) kemudian dipotong pajak 10% untuk PPn karena PPn masuknya kenegara bukan ke developer.

Karena ini adalah kebijakan dari masing-masing developer mungkin denda maksimal akan berbeda dari tiap-tiap developer, dan apabila ibu merasa kurang atas pembayaran yang ibu dapatkan, maka ibu dapat meminta kejelasan kepada developer apa dasar perhitungannya.