BNI – REI Gelar Gelegar Expo di Manado Town Square

0
Ilustrasi: FajarOnline

KonsPro (31/3) MANADO – BNI terus meningkatkan pembiayaan konsumen untuk perumahan atau kredit pemilikan rumah (KPR) dari pengembang-pengembang yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI). Peningkatan pembiayaan perumahan oleh BNI ini bisa dilihat dari data perkembangan sejak 6 tahun terakhir, baik dari sisi nilai pembiayaan maupun dari jumlah pengembang yang menjalin kerjasama. Outstanding pembiayaan KPR BNI Griya pada akhir 2011 mencapai Rp 18,08 triliun atau naik hampir 6 kali lipat (591%) dibanding posisi akhir 2006 yang sebesar Rp 2,62 triliun.

Jumlah pengembang/developer yang menjalin kerjasama  dengan BNI sampai akhir 2011 mencapai 526 pengembang atau naik lebih dari 25 kali lipat dibanding dengan jumlah pengembang yang bekerjasama pada tahun 2006 sebanyak 20 pengembang.

Atas kontribusi pertumbuhan pembiayaan KPR ini, BNI mendapat pin penghargaan khusus dari DPP REI, yang diberikan kepada Gatot M Suwondo, Direktur Utama BNI, oleh Ketua DPP REI, Setyo Maharso, yang disaksikan oleh Menteri Perumahan Rakyat RI, Djan Faridz, pada acara malam galadinner HUT REI ke-40, di Manado Convention Center, di Manado (31/3).

Menurut Gatot, ekspansi pembiayaan perumahan ini merupakan komitmen BNI untuk terus mendukung pertumbuhan industry properti yang memiliki efek multiplier bagi perekonomian nasional. “Selain pembiayaan perumahan kepada konsumen, BNI juga tetap mendukung Real Estate Indonesia (REI) dalam mengembangkan industry perumahan ini, Bahkan BNI telah menjadikan industri konstruksi dan infrastruktur menjadi salah satu dari 8 industri unggulan target bisnis BNI,” kata Gatot.

BNI juga menandatangani MOU dengan DPP REI bertajuk “BNI Griya Idaman” yang merupakan fasilitas pembiayaan perumahan yang dirancang khusus untuk menjembatani masyarakat yang akan melakukan pembelian rumah melalui KPR dengan angsuran yang ringan dan jangka waktu yang fleksibel serta fitur menarik lainnya, khususnya untuk perumahan-perumahan yang dikembangkan oleh developer anggota REI.

Pada kesempatan tersebut, BNI bersama Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) juga menyelenggarakan property exhibition yang bertajuk BNI-REI Gelegar Expo di di Manado, tepatnya di Manado Town Square mulai tanggal 31 Maret s/d 15 April 2012.  Acara ini diselenggarakan sebagai rangkaian dari acara Hari Ulang Tahun (HUT) REI ke 40 yang diselenggarakan di Manado serta rangkaian road show event BNI Gelegar Expo. Adapun tujuan dari acara ini adalah untuk memudahkan masyarakat untuk lebih mengenal dan menggunakan produk/layanan perbankan BNI, khususnya, kredit pemilikan rumah (KPR), kredit konsumer lainnya, tabungan, kartu debit/kredit, dan kredit usaha kecil.

Dalam BNI-REI Gelegar Expo kali ini, tema yang diambil adalah Kembangkan Potensi, Wujudkan Mimpi dengan harapan BNI serta REI bisa menjadi inspirasi masyarakat dan keluarga Indonesia untuk mengembangkan potensi diri dan  mewujudkan impiannya memiliki rumah tinggal yang ideal. Selain pameran, acara ini juga menampilkan seni musik, tari, dan atraksi unik lainnya.

Tahun ini, BNI-REI Gelegar Expo Manado juga diikuti oleh sekitar 30 pengembang/developer terkemuka di kota Manado dengan berbagai program : One Day Approval, Program Bunga KPR BNI Griya yang sangat menarik, diantaranya bunga KPR BNI Griya mulai dari 7.49%, diskon propisi dan bebas administrasi.  Program lain yang tidak kalah menariknya adalah program DreamBox BNI Taplus Anak, dimana tersedia berbagai hadiah program lucky dip untuk pembukaan rekening BNI Taplus Anak.

Berbagai acara menarik telah disiapkan oleh BNI seperti Lomba Chaka-Chaka, Modern Dance, Lomba Mewarnai, dan konsultasi pengembangan rumah. Diharapkan dari penyelenggaraan event ini, akan diraih omzet sekitar Rp 200 milyar terhadap aktivitas perbankan, seperti  kredit konsumtif, kredit komersial, Rp. 15 Milyar untuk perolehan Dana (Tabungan, Giro, Deposito), serta 1.500 new account credit card. (erlan@konsumenproperti.com