Ajuan KPR Ditolak, Booking Fee Hangus

0
Ilustrasi

KONSPRO – ANDA  punya masalah hukum di bidang properti? Kirimkan pertanyaan Anda di email konsumenpropertinews@gmail.com. Sertakan alamat, dan indentitas yang jelas, kami akan segera menjawab pertanyaan Anda.

Pertanyaan:

Saya ingin membeli rumah yang sudah ready stock di sebuah perusahaan pengembang dengan fasilitas KPR (kredit pemilikan rumah). Setelah mengurus beberapa lama sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh bank, akhirnya dua minggu lalu saya mendapat kepastian bahwa pengajuan KPR saya ditolak bank.

Terus terang saat ini saya bingung, karena uang book fee dan down payment (DP) yang telah saya bayarkan ke pengembang, katanya terancam hangus.

Baca juga: Pembelian Rumah Oleh WNA

Dalam kondisi seperti ini, apa yang harus saya lakukan supaya uang book fee dan DP tidak hangus? Atau paling tidak potongannya jangan besar.

Iwan Setiadi, Jakarta Barat

Jawaban:

PAK Iwan, perlu saya ingatkan, jika Anda berniat menggunakan fasilitas KPR untuk membeli rumah, maka pada saat Anda membayar uang muka kepada pengembang, biasanya Anda disodori Surat Pesanan (SP) untuk ditandatangani. Idealnya sebelum Anda tanda tangani SP tersebut harus baca dengan teliti.

Kalau perlu tanyakan hal-hal yang Anda kurang paham. Dan umumnya dalam SP itu juga disebutkan konsekwensi-konsekwensi apabila pengajuan KPR Anda ditolak bank. Apakah hangus atau dipotong sebagian.

Tapi kalau Anda sudah menandatangani SP tanpa teliti membacanya, berarti dianggap menyetujui isi perjanjian dalam SP tersebut. Sehingga kalau dipotong atau hangus (sesuai isi perjanjian) karena KPR ditolak bank, pengembang tidak bisa disalahkan. Jadi intinya, adalah tergantung pada kesepakatan awal dengan pengembang.

Baca juga: Agar Rekening Listrik Tak Membobol Kantong

Tapi kalau dari awal Anda tidak menyepakati masalah itu, dalam arti cuma mampu memilih jalur KPR, maka isi SP-nya diberi keterangan dan ditandatangani kedua belah pihak, bahwa kalau KPR Anda batal, uangnya tidak hangus. Jadi masalah ini harus dibicarakan di muka antara Anda dengan pengembangnya.

Kalau kenyataannya KPR Anda ditolak bank, saya sarankan Anda mengajukan opsi mengalihkan ke pembayaran tunia bertahap langsung kepada pengembang. Dengan begitu uang DP Anda bisa diperhitungkan sebagai pembayaran tahap pertama. Yang paling utama Anda tetap jadi mendapatkan (membeli) rumah yang diidam-idamkan. Semoga berhasil.

Tim Hukum KONSPRO