Perhimpunan Penghuni Rumah Susun

KonsPro (30/9) - TINGGAL di rumah susun atau apartemen, saat ini telah membudaya. Tingginya nilai efektivitas yang bisa didapat oleh para penghuni apartemen, menjadi salah satu penyebab maraknya pengguna apartemen. Sayangnya tidak semua calon penghuni atau penghuni apartemen paham bagaimana tata cara tinggal pada sebuah apartemen.

Berbeda dengan hunian umum lain, tinggal di rumah susun atau apartemen strata title (hak milik) memerlukan satu pengelolaan untuk mengatur apa yang menjadi bagian bersama, tanah bersama dan benda bersama.  Untuk itu kita mengenal istilah Perhimpunan Penghuni Rumah Susun (PPRS).

Namun sebelum terbentuknya PPRS, sesuai dengan amanah peraturan perundang-undangan,  pihak penyelenggara pembangunan (developer)  selaku PPRS Sementara akan menunjuk suatu badan usaha profesional, yang akan melakukan pengelolaan serta menyiapkan pembentukan PPRS Definif pada apartemen  bersangkutan.

Bagaimana proses terbentuknya PPRS, serta fungsi yang dijalankan bersama dengan badan pengelola?

Apa itu Rumah Susun atau Apartemen?

Pada prinsipnya, apartemen merupakan wujud lain dari dari rumah susun (rusun). Rusun adalah bangunan bertingkat yang distrukturkan secara fungsional dalam arah horizontal maupun vertikal. Rusun merupakan satuan-satuan yang dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah yang dilengkapi dengan Bagian Bersama, Benda Bersama, dan Tanah Bersama.

Dasar Hukum Rusun

  1. Undang-undang No. 16 Tahun 1985 tentang Rusun.
  2. Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 1988 tentang Rumah Susun
  3. Keputusan Menteri Perumahan Rakyat (Kepmenpera) No. 6/KPTS/BKP4N/1995 tentang Pedoman Akta Pendirian, AD & ART PPRS.

Apa itu PPRS?

Suatu organisasi berstatus badan hukum, yang susunan organisasi, hak dan kewajibannya diatur dalam anggaran dasar (AD)/Anggaran Rumah Tangga (ART), serta dijamin oleh undang-undang (Pasal 19, Ayat  2, UU. NO. 16  Tahun 1985)

Sebagai Badan Hukum, PPRS dapat:

* Mewakili para penghuni atau pemilik satuan rusun baik di dalam maupun di luar pengadilan;
* Memiliki kewenangan dalam mewujudkan ketertiban dan ketentraman di lingkungan rusun.

Mengapa PPRS diperlukan?

* Dalam setiap rumah susun terdapat bagian-bagian yang merupakan hak milik bersama, yaitu Bagian bersama, Benda bersama dan Tanah bersama;
* Penggunaan dan pengelolaan bagian-bagian yang merupakan milik bersama harus diatur dan dilakukan oleh suatu organisasi yang diberi wewenang dan tanggung jawab yaitu Perhimpunan Penghuni Rumah Susun.

Bagian Bersama adalah Bagian rusun yang dimiliki secara tidak terpisah untuk pemakaian bersama dalam kesatuan fungsi dengan satuan-satuan rusun, seperti: fondasi, kolom-kolom, sloof, balok-balok luar, dinding-dinding struktur utama, atap, ruang masuk, koridor, selasar, tangga , pintu-pintu, (sesuai yang ditetapkan dalam Pertelaan).

Benda Bersama adalah benda yang bukan merupakan bagian rusun, tetapi dimiliki bersama secara tidak terpisak untuk pemakaian bersama.

Seperti: jaringan air bersih, listrik, gas (unit/ hunian), saluran pembuangan air hujan & air limbah, pembuangan sampah, pemadam kebakaran, alat generator listrik, pelataran parkir, penangkal petir, fasilitas OR, rekreasi, pertamanan di atas tanah bersama, (sesuai yang ditetapkan dalam Pertelaan).

Bagaimana cara pemilihan pengurus PPRS?


Pengurus PPRS keanggotaannya dipilih berdasarkan asas kekeluargaan oleh para anggota perhimpunan penghuni melalui Rapat Umum Perhimpunan Penghuni yang khusus diadakan untuk keperluan tersebut. (Pasal 57 ayat 1 PP No. 4 Tahun 1988).

Siapa Anggota PPRS?

Subjek hukum yang memiliki atau memakai, atau menyewa atau menyewa beli atau yang memanfaatkan satuan rumah susun yang bersangkutan (Pemilik atau Penghuni).

Sekadar informasi, hingga saat ini PT PBI (Prima Buana Internusa) sebagai badan usaha profesional property management yang ditunjuk PPRS Sementara,  telah berhasil menyiapkan sampai terbentuknya PPRS Definitif pada beberapa apartemen yang telah dikembangkan oleh Agung Podomoro Group di antaranya, Sudirman Park, Gading Mediterania Residences 1 dan lain sebagainya.  (Penulis:Danang Surya Winata, Pemerhati Hukum Properti)

 

Add comment


Security code
Refresh

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Advertorial

Topik :
Real Estate
Promosikan Iklan anda dengang text Ads di konsumenproperti.com.

Perumahan Indah
Perumahan Indah dengan taman yang mempesona

Ads by KonsumenProperti

Home | Liputan Khusus | Konsultasi | Komplain | Residensial | Komersial | Bisnis terkait | Infrastruktur
Pembiayaan | Figur | Sengketa | Kolom | Tips | Redaksi | Regulasi | Editorial | Iklan Kolom| Umum | Advertorial