16 Bidang Tanah untuk JORR Masih Sengketa

0

KonsPro (01/03) JAKARTA – SETELAH  melewati proses mediasi yang berlangsung alot antara pemilik tanah dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, sebanyak 8 dari 24 bidang tanah yang masih sengketa untuk pembangunan proyek Jakarta Outer Ring Road (JORR) akhirnya sudah bisa dibebaskan. Sedangkan 16 bidang tanah yang masih dalam sengketa akan dikonsinyasi pada April mendatang.

“April berkas lahan sengketa akan kita serahkan ke pengadilan. Karena Mei kita targetkan pembayaran selesai,” ujar Syamsudin, Sekretaris Kota Jakarta Selatan yang juga sebagai Ketua Panitia Pengadaan Tanah (P2T), Selasa (1/3).

Ia menambahkan, saat ini telah dilakukan pembayaran terhadap 78 bidang tanah di Kelurahan Petukanganutaran dan Kelurahan Petukanganselatan, Kecamatan Pesanggrahan, dengan masing-masing kelurahan terdapat 39 bidang. Dengan begitu, jumlah bidang tanah yang telah dibayarkan mencapai 402 bidang atau 50,89 persen dari kebutuhan 790 bidang. Total dana yang telah dikucurkan selama ini sebesar Rp 250,62 miliar.

“Sudah ada 194 bidang tanah yang masuk pemberkasan, rencananya akan dibayarkan Maret ini. Sehingga diprediksi jumlah lahan yang telah dibayarkan hingga akhir Maret mencapai 596 bidang,” jelasnya.

Ketua Tim Pembebasan Tanah Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU), Ambardy Effendy, mengatakan untuk pembayaran 78 bidang saat ini dikucurkan dana sebesar Rp 48 miliar. “April kita targetkan pembayaran sudah mencapai 90 persen,” harapnya. (BerJak)